Tailor Ham, Bantalan Setrika

Tailor’s Ham, Stay Home Challenge No.5

LIVE IN DUBAI
Tailor Ham, Bantalan Setrika
Tailor’s Ham, Bantalan Setrika

Dubai 19 April 2020

Sebelumnya saya pernah lihat di Ali Express, ada jual bantalan setrika, yang dipakai orang di garment atau tukang jahit. Tapi seingat saya harganya cukup mahal. Sehingga saya rencana mau membuat sendiri, sebagai bagian dari tantangan saya yang lain untuk tidak konsumtif atau suka bela-beli 🙂

Kemarin malam setelah menyelesaikan tulisan Challenge No.4, saya, sebenarnya sudah sekitar jam 9 malam. Tapi saya merasa harus tetap membuat sesuatu, agar tidak merasa bersalah. Dan akhirnya saya memutuskan untuk mulai membuat sebuah bantalan setrika kecil.

Tailor’s Ham bukan Ironing Base

Saya kira namanya Ironing Base, tapi yang muncul di pencarian Pinterest adalah alas setrika atau meja setrika semua. Lalu saya ketik Ironing Pad, malah yang muncul bantalan untuk BH hahahaha.. Tapi akhirnya saya ketemu gambar yang memperlihatkan bantalan tebal, lalu saya klick, dan ternyata namanya Tailor’s Ham. Huh…

Jadi Tailor’s Ham itu adalah bantalan tebal sebagai alas menyetrika, untuk bentuk-bentuk yang tidak lurus. Setidaknya ada beberapa bentuk Tailor’s Ham yang dipakai di garment atau tukang jahit. Satu buah bentuknya bulat seperti setengah bola, digunakan untuk setrika bagian cup dada. Lalu ada yang panjang seperti sosis, untuk dipakai menyetrika sisi kiri dan kanan baju, ada juga yang agak panjang dan lebar sedikit cocok untuk menyetrika lengan baju. Terus ada yang seperti buah pear untuk bagian-bagian lengkung lainnya.

Jadi itu salah satu kuncinya untuk menghasilkan jahitan yang rapi. Sebaiknya invest untuk membeli tailor’s ham tersebut atau minimal buat sendiri saja. Tidak perlu rogoh kocek lagi. Apalagi jaman now, kita mesti lebih arif menggunakan peser kita, karena kita tidak tahu seberapa besar efek corona terhadap ekonomi nantinya. Yes, kita mesti berhemat dan jangan konsumtif.

Tailor’s Ham Berbentuk Buah Pear

Tailor Ham, Bantalan Setrika
Tailor’s Ham berbentuk buah pir

Saya memutuskan untuk membuat Tailor’s Ham yang berbentuk buah Pear / pir. Karena bentuknya ada lengkungan dan sisi sisinya pluffy juga, jadi bisa serba guna.

Setelah menjahit kain luar sesuai dengan coretan kapur yang saya buat seadanya saja, saya lalu balik kainnya dan mulai mengisi bagian dalam dengan potongan-potongan kain sisa. Gampang sekali pembuatannya, cuma mesti telaten sedikit untuk menggunting-gunting kainnya menjadi ukuran kecil-kecil agar gelembungnya nanti jadi rapi dan tidak seperti benjol di sana-sini.

Ternyata setelah sisa-sisa kainnya dipotong kecil-kecil, maka menjadi padat dan membutuhkan banyak kain. Potongan kain saya cuma mengisi 1/2 bantalan saja. Ahhaaa…Saya ingat ada satu buah kain sarung bantal yang sudah agak usang. Selamat sudah 🙂 Tapi karena itu adalah sarung bantal favorit suami, maka ketika dia melihat saya memotong-motongnya, dia sempat ngomong ” kamu jahat!” hahahaha…maafkan daku sayang.

Kamu Jahat!

Memang ya, setiap orang pasti punya pakaian atau benda yang disukai dan maunya pakai itu-itu terus. Sayang saya ini, suka sekali sama satu set seprei kami, dan maunya pakai yang itu-itu saja. Padahal saya bosan dan mau juga pakai yang lain. Apalagi warna seprei itu biru tua campur coklat bata muda. Sementara saya maunya semua serba putih, karena saya memang suka warna putih untuk linen di rumah. Mau handuk, lap tangan, bedset atau keset, memang saya selalu belinya putih semua.

Jadi ada senyum lebar di bibir saya, ketika saya melihat seprei kesayangan tersebut sudah mulai memudar warnanya, tanda-tanda tidak lama lagi akan dipensiunkan. Sehingga saya bisa berkuasa lagi memakai warna favorit saya…. tunggu tanggal mainnya, begitu batin saya setiap kali habis mengeluarkannya dari mesin cuci. hahaha . Padahal dalam hati saya pun mengakui bahwa bedset coklat tersebut memang sangat nyaman dipakai, lembut dan menyerap keringat. Tapi satu buah sudah pensiun malam tadi 🙂

Nah jadilah Tailor’s Ham buatan sendiri, tidak keluar money dan tidak pakai tunggu. Cuma bantalan setrika saja, tapi rasanya seperti habis menyambung satu blok bangunan kapal. Lega dan sumringah.

Tailor Ham, Bantalan Setrika
Tailor Ham Pluffy

Dan yang lebih penting, saya masih konsistent menulis dan berkarya untuk Stay Home Challenge No.5.

Challenge buat besok apa lagi ya? Tanyakan pada rumput yang bergoyang 🙂

Stay Home Together, Sew Home Together.

Love yaaaa

xoxoxo

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply