Pokon, Makanan untuk Ma’Tammu Tedong

Food & Drink ( Toraja's Specialities ), Toraja Ceremony

Pokon, Makanan untuk Ma’Tammu Tedong

 

Pokon, Makanan untuk Ma'Tammu Tedong
Pokon, Makanan untuk Ma’Tammu Tedong

Hari itu tepatnya tanggal 01.08.2018, sedang berlangsung kegiatan Mangngosok Simbuang. Yaitu kegiatan menanam beberapa batang pohon di tengah halaman dimana upacara adat pemakaman Ne’Nesry sedang berlangsung. Pohon-pohon itu yang akan dipakai sebagai tempat untuk menambat hewan yang akan dikurbankan.

Besok harinya dilangsungkan prosesi Ma’Tammu Tedong. Ma’Tammu tedong adalah prosesi menyambut dan mengumpulkan kerbau di halaman upacara. Anak cucu, keluarga dan kerabat datang membawa kerbau mereka dan mendaftarkannya kepada keluarga dan panitia pemakaman. Dilanjutkan dengan Ma’pasak Tedong, yaitu mengarak kerbau-kerbau tersebut dan hewan lain yang akan dikurbankan.

Kegiatan mengarak kerbau dilakukan di sekitar lokasi upacara sampai ke lokasi dimana diadakan adu kerbau dan memakan waktu seharian. Sehingga disiapkan makanan dan minuman untuk dibagikan kepada semua orang yang mengikuti upacara tersebut.

Ibu-Ibu Membuat Pokon di Bawah Lakkean Sura’

Pokon, Makanan untuk Ma'Tammu Tedong

Sementara kaum laki-laki sibuk di halaman, tampak kesibukan di bawah Lakkean Sura’. Ibu-ibu berkumpul membuat POKON, sambil berbagi cerita. Sebagian ibu-ibu juga berada di dapur untuk menyiapkan kopi dan makan siang.

Pokon, Makanan untuk Ma'Tammu Tedong

Tante saya, Ne’Galang, bilang bahwa untuk Ma’Pasak Tedong, selain nasi, juga disiapkan makanan lain seperti LA’PAK dan POKON sebagai makanan tambahan yang akan di bawah ke lokasi adu kerbau dan dibagikan kepada semua pengunjung.

POKON adalah salah satu jajanan khas Toraja, dibuat dari bahan dasar beras ketan. Kali ini dipakai beras ketan hitam,  yang semuanya disumbangkan oleh keluarga dan peduduk setempat.

Cara membuat POKON

Pokon, Makanan untuk Ma'Tammu Tedong

Berikut adalah cara membuat POKON

  1. Beras ketan direndam dengan air bersih dicampur dengan sedikit air santan.
  2. Setelah airnya meresap, beras lalu ditiriskan, dan dicampur dengan parutan kelapa, dan sedikit garam.
  3. Untuk membungkusnya, biasa digunakan daun bambu yang lebar atau daun pandan. Daun lalu disiapkan dan juga disiapkan pengikatnya dari potongan tali rafia.
  4. Beras dibungkus kecil-kecil dengan daun dan diikat.
  5. Kukus sampai matang di dalam dandang besar. Dikukus dengan api dari kayu  bakar, katanya lebih enak.

Pokon, Makanan untuk Ma'Tammu Tedong

 

Kalau saya kebetulan pulang ke Toraja, saya selalu rindu untuk makan pokonToraja. Kata Mbak Ella yang berasal dari Jawa; “Pokon Toraja sangat enak karena terbuat dari beras Toraja yang memang enak”.

Pokon sangat nikmat dimakan pada saat hangat-hangat kuku, juga waktu sudah dingin. Ditemani secangkir kopi toraja. Pokon itu umumnya hanya dibuat pada saat upacara Ma’Tammu Tedong, Pengucapan Syukur setelah panen, upacara pernikahan atau kegiatan ibadah. Sehingga jangan heran kalau pokon menjadi makanan paling laris dan diperebutkan ketika dihidangkan.

Terima kasih kepada  ibu-ibu yang sudah membuatkan pokon yang enak. Kebersaman, dukungan tenaga, semangat dan penghiburan yang kalian berikan, sangat berarti bagi kami.

Mammi’ liu tu pokon migaraga. Kurre Sumanga Indo’.

 

Jangan lupa tinggalkan komentar anda di kolom komentar ya.

 

#makanan khas Toraja

#pokon Toraja

#kuliner Toraja

#kue khas Toraja

#toraja food

#food in Toraja

 

 

 

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
By profession as an naval architect, has spent 15 yearsprofessional works on offshore, marine and shipbuilding business at several international companies, working in some countries. Currentlystarting slowly refrain from managing her projects and shifting to her other passions on social works, health care and natural life.
Founder of Elite Spa & Salon Bali and Soapyme Organic who has interest for natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design,sewing and craft ideas.

Recently starting build up her website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, her hometown culture. And her youtube: Yosinta Paruruk

To know more about her recent activities and ideas, please visit her
website : www.yosintaparuruk.com

blogs :
http://elitespabali.blogspot.co.id/

http://soapymeorganics.blogspot.co.id/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

https://www.facebook.com/soapymeorganic/?ref=bookmarks

---------

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply