Pasar Ikan Traditional Termewah di Dubai

LIVE IN DUBAI
Pasar Ikan Traditional Termewah di Dubai – Waterfront Market Deira

Berbelanja di pasar traditional lebih terasa nikmatnya dari pada belanja di Supermarket. Tawar-menawar harga memberikan sensasi kepuasan tersendiri. Asal bisa membawa sekeranjang sayur dan ikan segar pulang ke rumah, tak perduli kalau mesti berdesak-desakan, kotor dan bau. Ibu-ibu sudah biasa dengan semua itu.


Namun hal seperti itu tidak akan kita alami di pasar traditional di Dubai. Beberapa waktu yang lalu, kami mengunjungi pasar ikan tradisional di Waterfront Market Deira. Rasanya tak percaya kalau itu adalah pasar ikan tradisional. Terlalu mewah untuk sandingkan dengan kondisi pasar di Indonesia.


Ya, dengan lantai yang dipolish mengkilap dan ruangan full AC, dengan segala fasilitas mewahnya, Waterfront Market di Dubai memang lebih merupakan shopping mall yang besar dari pada pasar traditional.

Sudah pernah berkunjung ke sana? Kalau belum, yuk ikutin cerita saya selanjutnya…

Pasar Ikan Traditional Termewah di Dubai, Waterfront Market, adalah pengganti Deira Fish Market 

Dahulu, Deira Fish Market adalah salah satu landmark Dubai yang sangat popular dan menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di Deira.  Deira Fish Market dibangun pada tahun 1958, dan beroperasi sekitar 60 tahun lamanya, hingga akhirnya di tutup pada tahun 2017. Pasar traditional ini kemudian digantikan dengan dibukanya Waterfront Market.

Waterfront Market sebagai pusat belanja makanan segar.
Pasar Ikan Tradisional Termewah di Dubai
Water Transport Station, berada di luar gedung Waterfront Market

Waterfront Market dirancang untuk menjadi pusat belanja makanan segar. Terdiri dari bagian untuk pasar sayur dan buah-buahan, pasar daging, pasar ikan dan bagian makanan kering. Fasilitas ATM, Money Changer, toilet dan ruang sholat tersedia. Terdapat pula beberapa retail shop lainnya di dalam bangunan pasar.

Keluar dari dalam bangunan pasar, menuju ke waterfront, maka kita akan jumpai Waterfront Market Marina Transport Station. 

Sepanjang waterfront area, kita jumpai ada banyak restaurant.  Tempat untuk makan siang atau istirahat sebelum atau sesudah belanja.

Tapi jangan heran ya kalau sempat melihat kotoran hewan di jalan, di arena luar. Karena memang ada kandang hewan di salah satu sudut di luar dari pasar. Jadi hati- hati juga jalan-jalannya kalau mau pergi melihat-lihat di areah dekat kandang ternak 🙂

Pasar Ikan dan Seafood Segar

Kami hanya sempat mengunjungi pasar ikannya, belum sempat melihat pasar sayur dan dagingnya. Karena setelah keluar dari pasar ikan, kami tahu bahwa kulkas kami tidak akan muat lagi.

Pasar ikan dan seafood segar berada di Section G. Merupakan sebuah ruangan besar, yang bersih, luas dan ber AC. Lapak-lapaknya berjejer rapi dan memiliki nomor lapak masing-masing. Meja dan perabotan semuanya menggunakan bahan stainless steel dan lantainya bersih mengkilap.


Pasar Ikan Tradisional Termewah di Dubai
Lorong di antara jejeran lapak sangat lapang, sehingga tidak perlu berdesak-desakan. Para penjual tampak menggunakan baju seragam, dan kantong kresek pun sama semua, memakai logo Waterfront Market Dubai.

Bersebelahan dengan tempat dagangan ikan segar, terdapat satu ruangan yang di batasi dengan pintu dan jendela kaca. Di dalam ruangan tersebut, berlangsung kegiatan yang tidak kalah sibuknya dengan kegiatan di pasar ikan. Ruangan tersebut adalah ruangan untuk membersihkan dan memotong-motong ikan yang sudah dibeli.

Berbagai macam jenis ikan dan seafood yang masih segar dan ada juga yang masih hidup, dapat kita jumpai di sini. Pokoknya bisa puas untuk memilih. Dan lebih penting lagi bahwa kita bisa tawar-menawar harga. Sebenarnya hal itu saya yang sama dengan pasar traditional lainnya. Selebihnya pasar ini sudah lebih cocok di sebut pasar modern.

Pasar Ikan Kering
Pasar Ikan Tradisional Termewah di Dubai
Pasar Ikan Traditional Termewah di Dubai – Section lapak ikan kering

 

Pasar Ikan Tradisional Termewah di Dubai
Segala macam ikan kering bisa di dapatkan di lapak ikan kering

Berbatasan dengan section G, yaitu section F.  Dimana section F adalah bagian untuk penjual ikan kering. Bermacam-macam ikan dan seafood yang dikeringkan bisa dibeli di tempat ini. Saya sempat membeli ikan teri sekilo. Ada juga terasi dijual, jadi komplit deh 🙂

Ikan dan Seafood yang dibekukan (Frozen)
Pasar Ikan Tradisional Termewah di Dubai
Semua pedagang mengunakan timbangan yang disediakan oleh pengelolah pasar

Di salah satu bagian sisi dari pasar ikan basah, terdapat juga lapak penjual ikan dan seafood yang sudah dibekukan. Juga bisa didapatkan Smoked Salmon produk. Selain produk lokal juga terdapat produk import.  Dan harganya jauh lebih murah dari pada yang di jual di Supermarket atau Hypermarket.

Oh ya, hal menarik lainnya yaitu para pedagang mesti menggunakan timbangan yang di sediakan oleh pengelolah tempat, sehingga pembeli tidak usah kuatir dicurangi.

Jam Operasional Waterfront Market

Waterfront Market buka setiap hari. Fish marketnya buka 24 Jam, tapi bagian yang lain di buah agak siang layaknya jam pelayanan di Mall.

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung maka disediakan 1300 parking lot gratis. Terdapat 800 underground parking lot dan 500 outdoor parking.

Nah, dengan segala kelebihan yang sudah saya sebutkan di atas, maka rasanya pantas jika Waterfront Market termasuk Pasar Ikan Tradisional Termewah di Dubai.  Saya bisa merekomendasikan kepada keluarga yang banyak mengkomsumsi ikan dan seafood, agar berbelanja di Waterfront Market. Harganya jauh lebih murah, fresh dan suasana pasarnya bersih.

Pasar Ikan Tradisional Termewah di Dubai
Lobster segar yang sudah dikeluarkan kepalanya dan dibersihkan oleh penjualnya, langsung jadi santapan bergizi.

Kalau memiliki freezer box / cooler box di rumah, sebaiknya di bawa kalau memungkinkan. Jangan lupa membawa cooling elemennya. Kalau tidak punya, tidak apa-apa, karena penjual ikan segar akan memasukkan es batu ke dalam kantong plastik ikan yang kita sudah beli.

Akhirnya, semoga tulisan ini bisa memberi info tambahan pilihan tempat belanja ikan dan seafood bagi kebutuhan keluarga tercinta di Dubai.

Salam.

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply