Orang Indonesia Kalap Belanja Buah dan Sayuran di Fruit and Vegetable Market Dubai

LIVE IN DUBAI
Fruit and Vegetable Market di Dubai
Warna – warni buah-buahan yang menggoda selera

Kok bisa ya? Gimana ceritanya? Iya sudah pasti bisa karena di Fruit and Vegetable Market Dubai, harga buah dan sayuran murah meriah! Tapi sebelum lanjut, saya ingin cerita sedikit tentang kebiasaan kami belanja kebutuhan rumah di Dubai.

Dimana Biasanya Orang Indonesia Membeli Buah dan Sayuran di Dubai?

Empat bulan sudah berada di Dubai, kami selalu membeli kebutuhan buah dan sayuran di supermarket atau hypermarket. Sekali seminggu di hari Jumat atau Sabtu, kami mengunjungi supermarket yang berbeda untuk belanja buah dan sayuran. Mulai dari yang dekat dengan tempat tinggal kami, sampai yang agak jauh pun kami datangi, sekedar ingin tahu dan sekalian jalan-jalan.

Kalau kehabisan stok di pertengahan minggu, saya biasa jalan kaki sekitar 10 menit ke Carefour atau Spinnay yang berada di dekat tempat tinggal kami. Waktu suhu udara di luar masih sekitar 26 degree celcius. Sekarang sudah mencapai 44 degree celcius di siang hari, rasanya mau terbakar berada di luar rumah.

Demikian pula kebanyakan penduduk di Dubai belanja kebutuhan dapur di Supermarket atau Hypermarket. Selain karena ada begitu banyak supermarket atau hypermarket, juga hampir disetiap komplek perumahan terdapat supermarket, sehingga tidak perlu belanja jauh-jauh.

Daftar Supermarket / Hypermarket di Dubai

Ada beberapa retail supermarket / hypermarket besar di Dubai di mana kami biasa belanja buah dan sayur mayur. Setiap minggu kami mengunjungi tempat yang berbeda. Β Mulai dari Lulu Supermarket, Almaya, Union, Park and Shop, Spinney, Carrefour, Choitram, dan beberapa supermarket lainnya.

Untuk sayur-mayur, Lulu Hypermart dan Carrefour sepertinya memiliki lebih banyak macam dan harga lebih murah di banding supermarket lainnya. Dan bagi yang tinggal di Dubai, mungkin sudah tahu bahwa harga barang di Spinney lebih mahal. Jadi kamipun sudah jarang belanja di Spinnay, kecuali kalau barangnya hanya ada di Spinney atau kepepet.

Tetapi tentu saja akan lebih murah kalau kita belanja di Pasar Traditional. Karena itu kami sudah lama berencana untuk mengunjungi pasar buah dan sayuran traditional. Dan akhirnya kami sempat kesana dan kalap belanja. Karena itu saya ingin berbagi cerita sedikit tentang pasar tersebut.

Di mana lokasi Fruit and Vegetable Market di Dubai?

Sabtu kemarin kami sempat jalan-jalan ke Dragon Mall. Dalam perjalanan pulang dari Dragon Mall kami ambil jalur lewat tol E44. Dan begitu masuk ke jalur E44, petunjuk arah Fruit and Vegetable Market sudah langsung kelihatan. Karena searah dengan jalan kami pulang ke Motor City, kami putuskan langsung mampir saja. Akhirnya jadi juga kami ke sana, tanpa di rencanakan.

Lokasi Fruit and Vegetable Market berada di Al Aweer, di lokasi Ras Al Khor Industrial Area, masih dekat dari Dragon Mall. Dekat dengan pertemuan E44 dan E311. (Nama Jalan di Dubai pakai nomor, seperti E44 dan E311 adalah nama jalan tol).

Klik di sini untuk lihat lokasinya di google map ya.

Fruit and Vegetable Market di Dubai
Fruit and Vegetable Market Dubai – Al Aweer

Pasar buah ini terletak di dalam kompleks pergudangan. Begitu masuk ke jalan kompleks, di kiri-kanan jalan adalah gudang-gudang penyimpanan / penampungan barang. Karena komplek ini adalah pusat export import dan wholesale untuk buah dan sayur-mayur, dan pasar traditionalnya menjual eceran produk lokal dan import.

Untuk mencapai pasarnya, kita mesti masuk sedikit ke tengah-tengah kompleks. Mesti pelan-pelan mengemudi karena banyak sekali pengerjaan jalan yang sedang berlangsung.

Fruit and Vegetable Market Dubai – Pasar berada di belakang truk – truk

Kami sempat berputar- putar di depan pasar, karena tidak melihat tulisan yang menunjukkan bangunan pasarnya yang mana. Ketika kami berada di posisi yang di tunjukkan GPS, ternyata pasarnya berada di seberang jalanan dan tertutup dengan mobil-mobil yang terparkir di depannya. Juga tidak terlihat tulisan untuk memberi tanda sebagai bangunan pasar. Jadi seandainya ada yang mau pergi ke sana, setelah GPSnya berhenti maka cari bangunan masjid, dan pasarnya berada di sebelah atau belakang masjid.

Pelayanan apa saja yang ada di sekitar lokasi pasar Fruit and Vegetable Market Dubai?

Fruit and Vegetable Market Dubai – Pasar berada di belakang Mesjid

Aktivitas utama di komplek pasar adalah pasar grosir, import dan export dan di bangunan pasar tradisionalnya terdapat pasar eceran untuk buah dan sayuran. Termasuk produk lokal dan import. Aktivitas pasar di tunjang dengan berbagai fasilitas di sekelilingnya. Ada layanan bea cukai, perbankan, jasa transport dan bongkar muat, restaurant, toko roti bahkan ada juga toko electronik kecil-kecilan dan layanan fotocopy.

Nampak juga ada kantor polisi dekat dengan pasar traditionalnya. Mesjid bersebelahan dengan pasar traditional dan tempat parkir cukup banyak tersedia di dekat pasar.

Jam berapa pasar Fruit and Vegetable Market dibuka?

Jam 06.00am- 01:30 pm dan 04:00pm sampai 11:00pm, kecuali bulan Ramadan, waktunya berbeda.

Bagaimana kondisi di dalam pasar traditional Fruit and Vegetable Market?

Fruit and Vegetable Market Dubai – Lantai dari semen halus, tapi bersih.

Bangunan pasar traditionalnya adalah terbuka di sekelilingnya, hanya di lindungi dengan atap yang tinggi. Lantainya adalah lantai semen halus tidak pakai keramik. Lapak tersusun rapi dan memiliki nomor untuk setiap lapak. Lokasi lapak sayuran dan lapal buah-buahan tidak dipisahkan, jadi berbaur.

Fruit and Vegetable Market di Dubai
Fruit and Vegetable Market Dubai – Atap yang tinggi membuat lega berada di dalam pasar.

Berbagai jenis buah-buahan dan sayuran tersusun cantik dan menarik di pandang mata. Pasarnya bersih dan tidak bau sehingga nyaman untuk putar-putar keliling pasar menikmati pemandangan aneka warna buah dan sayuran. Buah dan sayurannya kebanyakan sudah dikemas dengan plastik atau carton box, dan dijual perkemasan atau per-kotak atau per-ikat untuk sayuran. Tapi ada juga yang mesti ditimbang lagi.

Begitu masuk ke dalam lokasi pasar, kami langsung di ikuti oleh beberapa orang laki-laki yang mendorong gerobak, menawarkan jasa mengangkut belanjaan, dengan biaya 10 Dirham.

Harga buah dan sayuran di Fruit and Vegetable Market

Fruit and Vegetable Market di Dubai
Penjual menghitung belanjaan yang di atas gerobak bapak yang bantu angkut belanjaan kami.

Harga buah dan sayuran di Fruit and Vegetable Market Dubai, memang sangat murah dibandingkan harga di supermarket. Apalagi kalau di beli dalam jumlah banyak. Dan seperti layaknya pasar traditional di Indonesia, kita bisa menawar harga.

Pedagangnya pun ramah-ramah dan sopan dan sangat pintar menawarkan dagangannya. Tanpa segan mereka langsung memotong buah dagangan mereka dan menyodorkan kepada pembeli untuk dicoba. Sehingga rasanya tidak tega untuk menolaknya. Tanpa sadar gerobak kami sudah penuh.

Kalap Belanja Buah dan Sayuran

Mangga sekotak /12 biji, apple sekotak /29 biji, pisang satu sisir/6 biji, alpokat 5 biji, manggis sekotak/18 biji, jeruk lemon sekotak /12biji, pomegranade 12 biji, buah bit sekotak, nenas 1 biji, anggur 1 kotak sekitar 2,5 kg, carrot 12 biji, cherry 2 kotak, jahe sekitar 1 kg. Ditambah sayur-sayuran hijau. Ternyata kami kalap belanja. Buah buahan yang kami beli bisa untuk 2 sampai 3 minggu.

Contohnya apple, biasanya suami saya bawa apple ke kantor 1 biji setiap hari, jadi butuh 5 biji setiap minggu, sementara kami beli 29 biji πŸ™‚ . Untuk jus di pagi hari, 1 buah pomegranade, 1 buah carrot, orange atau mangga 1 biji, cherry atau stawberry beberapa biji, dan water melon. Jadi yang kami beli diatas bisa untuk 2 minggu. Buah anggur sekitar 20 biji untuk ditambahkan ke yougurt untuk sarapan pagi juga. Dan jahe sekilo biasanya kami blender bersama lemon grass lalu direbus untuk diminum setiap pagi waktu baru bangun tidur, di campur dengan perasan jeruk lemon 1 biji.

***Menu sarapan pagi sehat ala kami akan saya share di tulisan lainnya ya. Silakan di intip kalau mau ikut cara sehat ala kami πŸ™‚

Fruit and Vegetable Market di Dubai
Kalap belanja maunya beli semua πŸ™‚

Terus masih ada nenas, pisang, manggis dan alpokat. Terlalu pekat untuk dicampur semua ke juice. Kami hanya butuh 2 gelas jus buag di pagi hari, 1 bottle juice untuk dibawah suami ke kantor dan 1 botol untuk saya minum di siang hari. Lebih dari pada itu sudah kekenyangan juice!

Intinya kami belanja terlalu banyak untuk komsumsi 2 orang saja. Jadi pengalaman pertama, berikutnya harus bawah catatan dan tidak kalap mata lagi πŸ™‚

Belanja ke pasar traditional supaya bisa hemat tinggal di Dubai

Jadi untuk orang Indonesia yang tinggal di Dubai bersama keluarga, yang banyak mengkomsumsi buah dan sayuran, maka saya sarankan untuk belanja ke Fruit and Vegetable Market Centre di Al Aweer. Tapi dengan catatan, jangan kalap mata, agar tidak overbudget jadinya. Bukannya mau hemat malah bertambah pengeluarannya.

Tapi kalau bisa kontrol belanjanya, dengan budget yang sama kalau kita belanja di Supermarket, kita bisa dapat 3x lipat lebih banyak kalau kita belanja ke pasar. Kita bisa membeli buah-buahan yang tahan agak lama, kalau kuatir kebanyakan. Kalau tinggal sendiri, mungkin bisa pergi bersama teman-teman, dan dibagi-bagi hasil belanjaannya.

Fruit and Vegetable Market di Dubai
Sayur-sayuran dan bahan salad juga ada.

Oh yah, sebenarnya suami saya sering bilang dia punya satu tip yaitu “jangan pergi belanja dalam keadaan lapar”. Karena pasti over buy! Sayangnya waktu itu kami memang belum makan siang jadi begitu melihat buah-buahan segar, langsung terasa lapar dan kalap dan akhirnya beli dan beli dan beli πŸ™‚

Nah demikian sedikit sharing pengalaman belanja di pasar traditional Fruit and Vegetable Market di Al Aweer, Dubai, UAE.

Dan jangan lupa subscribe web saya ini, kalau ingin mengikuti tulisan saya lainnya tentang jalan-jalan, tempat makan atau kegiatan apa saja yang saya lakukan di Dubai dan daerah UAE lainnya. Baca-baca cerita saya tentang hidup di Dubai, klik di sini ya.

Bye for now, Indonesian people in Dubai, happy people πŸ™‚

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply