Melepas Rindu Masakan Indonesia di Restaurant Dapoer Kita Dubai

LIVE IN DUBAI
Melepas Rindu akan Masakan Indonesia di Restaurant Dapoer Kita Dubai
Nasi putih, rendang, dendeng basah ditambah cabe hijau, maknyuss!!!

Melepas Rindu Masakan Indonesia di Restaurant Dapoer Kita Dubai. Hi guys, setelah tinggal di Dubai, hal apakah yang paling anda kangenin tentang Indonesia? Keluarga, pacar, teman-teman, rumah lama, atau apa?

Kalau saya, yang pertama saya rindukan adalah “Makanan Indonesia”. Kenapa? Karena saya tidak pintar memasak, apalagi memasak makanan Indonesia.  Maka salah satu hal pertama yang saya cari begitu tiba di Dubai, yaitu restaurant yang menyajikan menu masakan asli Indonesia.

Ada beberapa restaurant Indonesia di Dubai, namun yang pertama saya kunjungi adalah Dapoer Kita Restaurant. Saya menemukan nama restaurant ini lewat media social facebook. Dan sejak saat itu, saya dan suami rutin makan siang di sana, hampir setiap hari Jumat. Kalau ada yang mau ketemu dengan saya, datang saja ke restaurant tersebut setiap hari Jumat, dan tidak usah sungkan menyapa saya ya? Hahahah ngak penting amat ya mau kenalan sama saya πŸ™‚

Tak Kenal maka Tak sayang

Restaurant ini adalah salah satu tempat makan favorit bagi orang-orang Indonesia yang tinggal di Dubai. Juga bagi tourist Indonesia, yang rindu akan masakan Indonesia.

Nah, karena kami sangat menikmati setiap kunjugan kami ke sana, maka kali ini saya ingin membahas tentang restaurant favorite kami yang satu ini. Komplit!

  1. Dimanakah lokasi atau alamat restauran Dapoer Kita?
  2. Jam berapa restaurantnya di buka?
  3. Bagaimana suasana di dalam restaurannya?
  4. Bagaimana pelayananan dari Owner dan Staffnya?
  5. Apa menu masakan Indonesia yang disajikan?
  6. Apakah harga makanan murah atau mahal?
  7. Bagaimana rasa makanan yang disajikan?
  8. Beberapa tips yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke sana.

Oke guys, terus baca urainan saya berikut ini ya πŸ™‚

1). Dimanakah lokasi atau alamat Restaurant Dapoer Kita Dubai?

Lokasi Dapoer Kita terletak di Al Karama, dekat sekali dengan Dubai Frame. Al Karama adalah kota tua dari Dubai dan merupakan daerah terpadat di Dubai. Dubai Frame itu sendiri merupakan salah satu landmark Dubai yang terkenal bagi penduduk Dubai maupun tourist.

Restaurant ini sangat mudah dikunjungi. Baik menggunakan publik transport maupun dengan kendaraan pribadi. Metro Station yang terdekat adalah ADCB Metro Station 2. Dari metro Station kita bisa jalan kaki sekitar 10 menit ke restaurant tersebut. Kalau menggunakan bus, salah satu halte bus terdekat adalah Karama 1 1 atau Karama 1 2. Dari halte menuju restaurant cukup jalan kaki sekitar 4 menitan. Jadi sangat gampang untuk dikunjungi.

Alamat lengkap Dapoer Kita adalah: Sheikh Mohamed Bld II No.3-4 , 43A Street Al Karama, Dubai, UAE .

2). Jam berapa restaurantnya di buka?

Restaurant buka setiap hari dari jam 11AM – 11PM. Kecuali hari Jumat buka Jam 13AM – 11 PM.

Kalau mau berkunjung pada bulan Ramadan, maka jam buka restaurant adalah jam 05PM untuk takeway dan jam 06PM untuk yang menunggu buka puasa di restaurant.

3). Bagaimana suasana di dalam restaurant Dapoer Kita Dubai?

Melepas Rindu akan Masakan Indonesia di Restaurant Dapoer Kita Dubai
Suasana nyaman di dalam restaurant

Ketika Anda memasuki tempat itu Anda akan merasa seperti berada di Indonesia. Ruangan restaurant yang tidak terlalu lebar, dilengkapi dengan meja makan dan kursi- kursi dari kayu yang tersusun rapi. Dinding restaurant dihiasi dengan beberapa lukisan, topeng dan potongan jendela ukir, yang banyak kita jumpai di Indonesia. Penataaan yang sangat sederhana dan ringan namun memberikan nuansa Indonesia asli.

Di salah satu dinding restaurant terdapat layar telivisi yang menyajikan saluran dari Indonesia. Sambil makan sesekali saya melihat berita-berita terkini dari tanah air. Dan pada saat ramai pengunjung, sayapun terhibur mendengar celoteh mereka dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Jawa, walapun saya tidak mengerti apa yang mereka perbincangkan. Namun benar-benar serasa berada di Indonesia.

Penataan yang simpel dan apik

Meja kasir terletak di sudut ruangan sebelah kanan dan di depannya terdapat etalase tempat menu lauk prasmanan / buffet. Di sebelahnya terdapat juga etalase kecil untuk gorong-gorengan, mangkok tempat sambal hijau, sebuah rice cooker dan beberapa piring makan didekatnya.

Melewati meja kasir, masuk lebih ke dalam, terdapat sebuah ruangan kecil lainnya yang diisi oleh empat buah meja makan. Kami sudah dua kali kebagian meja di dalam ruangan ini. Yaitu ketika bulan puasa, dimana pengunjung restaurant sangat ramai. Di pojok ruangan bagian dalam terlihat sebuah pembatas ruangan yang kecil dan sebuah sajadah terletak disana. Pengunjung bisa shalat di tempat tersebut.

Di sebelah ruangan kecil tersebut adalah ruangan dapur, dan di sebelahnya lagi adalah kamar kecil.

4). Bagaimana pelayananan dari Owner dan Staffnya?

Melepas Rindu akan Masakan Indonesia di Restaurant Dapoer Kita Dubai
Indonesian Home Cuisine-salah satu restaurant Indonesia terbaik di Dubai

Restaurant dapur kita didirikan tahun 2012 namun dijalankan oleh owner baru sejak tahun 2016. Ibu Eva, owner restaurant tersebut, adalah seorang wanita paruh baya, yang selalu ramah menyapa setiap pengunjung. Beberapa kali kami sempat bertemu beliau. Dan tentu saja kami sedikit bercakap-cakap dalam Bahasa Indonesia.

Pegawainya yang saya lihat, semuanya orang Indonesia, jadi kami pun berbicara Bahasa Indonesia. Dan ada satu pegawai wanitanya yang berbahasa Inggris, yang selalu tersenyum kalem setiap kami ke sana.

5). Apa menu masakan Indonesia yang disajikan?

Daftar menu yang cukup komplit

Restaurant Dapoer Kita, menawarkan berbagai macam makanan khas Indonesia. Ada menu ringan untuk pembuka, menu buffet/prasmanan, menu ala carte, hidangan tambahan dan aneka macam minuman untuk melengkapi santapan rasa Indonesia.

Untuk menu pembuka, anda bisa mencoba beberapa goreng-gorengan yang selalu tersedia di dalam etalase. Bisa juga mencoba batagor, siomai, ketoprak, gado-gado dan pempek.

Menu buffetnya menyediakan rendang, tempe orak arik, sayur gulai, urap, ayam goreng, ayam gulai, sambal hati kentang dan capcay. Menunya kadang diganti-ganti, tapi yang penting rendangnya yang super enak selalu tersedia. Nasi putih tinggal ambil sendiri di rice cooker.

Selain menu buffet, menu tambahan lainnya cukup menggoda selera. Ada nasi timbel, sate, nasi ayam bakar dan nasi pecel ayam. Aneka rasa nasi goreng, mie, bihun, kuetiew dan bakso, sop dan soto, tentu saja tersedia di menu. Untuk minumannya, tersedia berbagai juice buah segar, es teler, es cendol, teh dan kopi hangat.

Pokoknya lumayan komplit menunya.

6). Bagaimana rasa makanan yang disajikan?

Rasanya murni masakan Indonesia, pas di lidah, selalu ludes πŸ™‚

Nah, anda pasti bertanya sekarang tentang rasa makanannya. Iya kan? hehee

Tenaang— sabar…baca terus ya.

Adapun menu andalan kami setiap kesana adalah menu buffet. Biasanya saya makan nasi putih,  sepotong rendang sapi, sambal goring hati dicampur kentang, sayur dan sambal hijau. Sementara suami saya biasanya makan 2 potong rendang sapi, ditambah sayur atau gado-gado. Beliau tidak makan nasi.

Lain waktu kami coba martabak telur, kuatiew goreng, sate ayam, telur dadar, sambal tempe kering dan dendeng basah sambal hijau. Sayang akhir-akhir ini kami tidak melihat lagi menu dendeng basah. Padahal itu adalah salah satu menu favorit kami.

Dari semua menu yang pernah kami pesan di atas, belum ada yang mengecewakan kami. Rasa masakannya masih murni rasa masakan Indonesia. Walaupun ada juga orang dari negara lain selain Indonesia yang makan di restaurant ini, namun rasanya tidak dirubah. Saya bahkan mendapati rendangnya lebih enak dari pada rendang di rumah makan padang di Indonesia.

Martabak Telur–seporsi bisa kenyang full πŸ™‚

Telur dadarnya seperti telur dadar di rumah makan padang, tapi agak tipis sedikit.dan rasanya agak beda dari telur dadar padang yang biasa kita jumpai di Indonesia (Tebal, potongan agak besar dan lembut). Telur dadarnya tidak terlalu tebal dan agak padat isinya. Mungkin memang bukan telur dadar padang. Tapi rasanya enak dan tidak amis.

Gado-gadonya kami selalu order tanpa lontong. Dan bahan-bahannya juga fresh. Sayurnya berganti-ganti dan rasanya tidak pernah mengecewakan.

Bahan-bahan yang digunakan sangat fresh dan rasanya pas di lidah. Ditambah sambal hijaunya yang tidak terlalu pedas, tapi jadi pelengkap yang sangat sempurna. Kalau anda tidak malu, silakan tambah lagi πŸ™‚

7). Apakah harga makanan murah atau mahal?

Soal harga, dijamin tidak akan membuat kantong anda jebol. Harganya sangat pas dengan kantong orang Indonesia. Jadi uangnya bisa ditabung untuk dibawa pulang ke Indonesia πŸ™‚

Menu makanan disediakan dalam porsi yang lumayan besar. Sehingga walaupun hanya order satu jenis makanan, pasti akan kenyang. Untuk orang yang memiliki porsi makan kecil, bisa jadi malah kekenyangan untuk menghabiskannya.

Dengan porsi yang lumayan besar, harga makanan di Restaurant Dapoer kita termasuk murah. Kami biasanya hanya menghabiskan sekitar AED 100, kurang lebih, untuk makan kenyang dua orang, dengan beberapa macam lauk. Kalau makan di restaurant lainnya dengan beberapa jenis lauk, akan menghabiskan 2 ke 3 kali lipat harganya.

Hitungannya akan lebih murah lagi jika seandainya makan beramai-ramai dan sharing menu.

8). Beberapa tips yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke Restaurant Dapoer Kita Dubai.

Nah terakhir, saya mau bagikan beberapa tip sebelum anda pergi ke sana:

1). Kalau anda menggunakan kendaraan pribadi, maka sebaiknya langsung menuju ke parkiran Lulu Supermarket, yang berada di gedung di sebelah restaurant. Area parkir di sepanjang jalan di depan restaurant selalu full, sehingga dari pada putar-putar cari parkiran, lebih baik langsung ke parkiran Lulu Supermarket. Kami biasa mendapat parkiran di sana.

2). Kalau berkunjung pada hari Jumat, maka parkiran di depan restaurant gratis, namun itu tadi, biasanya selalu full.

3). Waktu berkunjung yang paling bagus menurut kami adalah sekitar jam 1an ke atas untuk makan siang. Karena pada saat itu, masakannya baru keluar dari dapur, jadi masih segar sekali.  

4). Restaurant ini adalah salah satu tempat makan favorit orang Indoensia di Dubai. Nah kalau ingin ketemu dengan ramai orang Indonesia, hari Jumat sore dan Sabtu sore adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana. Karena hari libur weekend di Dubai adalah hari Jumat dan Sabtu.

5). Kalau lapar mata waktu mengorder makanan dan tidak bisa menghabiskannya, silakan minta untuk dibungkuskan. Jangan buang-buang makanan ya guys, masih banyak orang yang kekurangan makanan.

6). Bulan Ramadan adalah waktu paling rame, pada saat buka puasa. Maka lebih baik datang agak cepat agar kebagian meja. Daya tampung tidak begitu besar, dan tidak diberlakukan reservasi, karena akan rame sekali pada saat tersebut.

7). Di dekat restaurant, terdapat Lulu supermarket, jadi bisa sekalian mampir belanja. Juga ada kantor Etisalat, dan banyak toko / bisnis kecil lainnya. Misalnya tempat servise jam, toko pakaian, dll.

8). Untuk tourist dari Indonesia, sebelum atau sesudah makan di Dapoer Kita restaurant, anda bisa juga mengunjungi The Dubai Frame, yang jaraknya Cuma sekitar 12 menit jalan kaki ke sana. Ataupun bisa, jalan-jalan kaki keliling komplek AL Karama, untuk melihat-lihat kota tua ini. Sehingga anda bisa mendapatkan gambaran lain tentang Dubai, tidak hanya tentang glamournya kehidupan di Dubai.

# Kebersihan di dalam restaurant #

Oh ya, saya hampir lupa satu hal yang sangat penting, yaitu kebersihan. Ruangan dan perabotan restaurant tertata rapi dan bersih. Juga tidak terdapat bau. Perabotan makan juga terjaga kebersihannya. Cuma kamar kecilnya yang mesti ditingkatkan lagi kebersihannya. Karena selalu basah. Seandainya semua pengunjung bisa menerapkan toilet kering, tidak membuang-buang air di toilet dan lantai, maka akan meningkatkan kebersihan toiletnya.

Melepas rindu akan makanan Indonesia di Restaurant Dapoer Kita Dubai

So, sekarang anda tahu mengapa saya mau mereview restaurant ini kan? Karena worthed untuk dikunjungi, kata suami saya. Give it a try, dan anda tidak akan menyesal.  Suami saya bahkan sudah memberikan review yang bagus di Trip Advisor. Supaya orang yang rindu akan makanan Indonesia bisa mendapatkannya di sini.

Let’s go guys, kunjungi restaurant ini. Atau seandainya ada acara di rumahnya, bisa juga pesan catering dari sini. Tapi undang juga saya ya? Hahaaha

Jangan lupa bagikan, like, tinggalkan komentar dan subcribe laman saya ini, kalau menurut anda bermanfaat. Untuk membaca tulisan saya lainnya tentang Dubai, klik di sini ya.

Happy makan-makan guys, salam Indonesia!

NB: Kalau masih butuh info lebih lanjut, silakan buka-buka websitenya di sini.

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

Leave a Reply