Kursus Mengemudi Mobil Di Dubai

LIVE IN DUBAI, Uncategorized

Kursus Mengemudi Mobil Di Dubai

Kursus Mengemudi Mobil Di Dubai

Intro Kegiatan Bersama Opa

Jadi hari ini setelah hubby pergi ke kantor dan opa selesai breakfastnya, kami rencananya mau jalan-jalan santai sekitar komplek saja dan agak santai hari ini. Tapi setelah selesai breakfast, kami lalu bercakap-cakap bagaimana kalau malam ini kita memasak dan makan malam di rumah saja. Si Opa mau memasak untuk anak lelakinya. (Jadi terharu saya dibuatnya). Ajakan Opa tentu saja saya sambut dengan gembira, karena kebetulan saya juga lagi mau belajar memasak.

Kami lalu memutuskan memasak ayam untuk malam ini dan pork belly untuk esok malam. Cek resep dari Pinterest, ternyata kami belum punya Sesame Oil (Minyak Wijen) sama  Brown Sugar ( Gula Merah) . Jadi kami putuskan untuk pergi membelinya. Beruntung bahwa tempat tinggal kami agak dekat Carrefour dan Spinney Supermarket. Setelah saya mandi, kami lalu jalan ke luar komplek, ke Spinney Supermarket.

Hujan Di Dubai

Tapi tiba-tiba hujan rintik-rintik turun hari ini setelah kami mulai berjalan 100an meter. Opa bilang, hujan dari Belanda, karena beliau baru datang dan sudah turun hujan di Dubai. Ini adalah hujan kedua kalinya dalam 12 hari setelah saya tiba di Dubai. Hujan pertama kali, saya ingat waktu itu adalah hari minggu, dan waktu itu Pope Franciscus datang ke Dubai. Rajesh, sopir dari kantor suami, pernah bilang bahwa di Dubai sangat jarang sekali hujan.  Tahun sebelumnya mungkin 3x saja turun hujan dalam setahun, dan tahun sebelumnya lagi 2x hujan kalau beliau tidak salah. Saya hanya berucap “oohhhh” saja, karena saya memang tidak tahu.

Dekat tempat tinggal kami, terdapat banyak restaurant, termasuk restaurant Thailand. Kebetulan Opa melihatnya pada saat kami sedang jalan-jalan, dan setelah shopping, kami memutuskan makan siang di Thai Restaurant tersebut, sambil menunggu hujan reda dan pulang ke rumah.

Tiba di rumah, Opa mau istirahat sebentar di kamar tidurnya, dan saya lalu mengambil laptop saya. Rencananya mau rapikan isi laptop saya. Tapi tergelitik untuk menulis di blog karena lembaran penawaran harga kursus mengemudi di Dubai masih ada di sebelah laptop saya, yang buat saya gregetan, karena biayanya sangat mahal.

Membuat SIM International ( International Driving License )

Sebelumnya saya sering pergi keluar negeri, namun belum pernah mengemudi di luar negeri. Selain karena saya hanya punya SIM Indonesia, juga saya tidak berani untuk mengemudi di jalan yang ramai dan takut juga melanggar rambu lalu lintas. Bisa dibayangkan kalau biasa mengemudi di kota kecil saja yang tidak ada highwaynya, rambu lalu lintas juga tidak begitu banyak, dan tidak ada kamera di mana-mana, kemudian mau langsung mengemudi di kota besar dengan lalu lintas yang padat, tentu saja butuh nyali juga. Jadi kalau saya keluar negeri untuk bekerja atau jalan, biasanya saya pakai taxi atau transportasi umum kalau tidak ada transport dari perusahaan.

Nah, sebelum berangkat ke Dubai, suami menyarankan saya kalau bisa buat SIM International, siapa tahu bisa dipakai nantinya. Pertama saya sih pikirnya bukan untuk keperluan mengemudi tapi untuk menambah kartu identitas saja, sama seperti KTP. Soalnya KTP, SIM Indonesia dan seabrek kartu lainnya yang ada di dompet, semuanya itu tidak berlaku di luar negeri, kecuali passport salah satunya kartu identitias yang valid. Jadi lumayanlah kalau ada SIM International, itu bisa juga jadi kartu identitas kedua. Tapi tentu saja tujuan utamanya adalah supaya bisa dipakai sebagai SIM untuk mengemudi di luar negeri.

Persyaratan Untuk Pengurusan SIM International di Batam

Mulanya saya pergi ke Kantor Pelayanan Terpadu di Gedung Sumatera, namun rupanya di sana tidak ada pelayanan pembuatan SIM International. Saya diarahkan untuk mengurusnya di Polresta Barelang. Saya lalu pergi ke konter pengurusan SIM dan menanyakan informasi tentang pembuatan SIM International. Pengurusan SIM International semestinya dilakukan di Jakarta, namun bisa juga dibantu oleh kantor Poltabes. Dokumen kita akan dikirim ke Jakarta dan setelah SIM selesai di buat di Jakarta, SIMnya akan dikirimkan ke Poltabes, dan kita bisa datang mengambilnya ke sana.

Adapun persayaratan untuk pengurusan SIM International yaitu fotocopy KTP, fotocopy SIM A, fotocopy Passport, passphoto 4×6 latar belakang warna biru, dan membayar uang administrasi. Kurang dari satu minggu, saya sudah mendapatkan SIM international saya.

SIM International Hanya Berlaku Untuk Pemegang Tourist Visa

Setelah tiba di Dubai, bersama dengan Raajesh, saya pergi ke sebuah Driving Course Center, untuk memastikan apakah dengan memegang International Driving License, saya bisa langsung menyetir mobil di Dubai. Pegawainya yang cantik, lalu mengecek dokumen saya, dan memberitahukan bahwa International Driving Lisence saya, bisa saya pakai langsung mengemudi di Dubai kalau saya berkunjung sebagai Tourist. Tapi karena saya akan tinggal di Dubai dan sementara mengurus Resident Permit, maka saya diharuskan untuk memiliki SIM Dubai untuk bisa menyetir mobil di Dubai.

Bagaimana Cara Membuat SIM Dubai Bagi Orang Indonesia

Untuk mendapatkan SIM Dubai, saya diharuskan untuk ikut kursus mengemudi di Dubai, kemudian ikut testnya, dan tentu saja hanya akan mendapat SIM Dubai kalau lulus test. (Stttttt, di Dubai tidak ada jalur belakang ya :-).

Tapi bagi warga negara Europe, mereka bisa langsung membuat driving license Dubai, dengan memperlihatkan license dari negara asal mereka. Seperti suami saya, cukup memperlihatkan International Driving License Belandanya, beliau bisa langsung dapat SIM Dubainya. Salah satu previlage memiliki passport Belanda, yang buat iri saya dengan passport Indo.

Forget about it, jantung saya mulai dag dig dug. Apa saya bisa lolos test ya. Mulai terpikirkan  jengkel dan malunya kalau sampai tidak lolos test. Tapi jangan salah ya, saya ingat waktu ikut test tertulis mengurus SIM di Indonesia, pertanyaannya sangat sulit dan saya cuma bisa menjawab dengan benar 22 pertanyaan, sementara minimal pertanyaan yang harus dijawab dengan benar adalah 20 pertanyaan. Hanya 2 point di atas nilai minimal. Tapi itupun saya sudah tersenyum lebar, karena saya pikir saya sudah tidak lolos. Jadi kalau pertanyaan test di Dubai juga susah seperti itu, maka sudah pasti sssetttressss lagi nanti waktu ikut test.

Persyaratan Pendaftaran Kursus Mengemudi Di Dubai

Lupakan tentang pretest syndrome nervous saya. Adapun dokumen yang mesti dilampirkan untuk mendaftar kursus mengemudi di Dubai, adalah sebagai berikut:

  1. Fotocopy VISA
  2. Kartu I.D Emirates
  3. NOC ( Non Objective Certificate) dari Sponsor ke RTA ( Road and Transport Authority ) Dubai. NOC adalah certificate atau surat tidak keberatan dari agen, organisasi, institute atau pribadi sebagai pihak sponsor di Dubai.
  4. SIM Asli negara asal yang masih berlaku
  5. Passpoto ukuran photo passport 1x
  6. Hasil Test Mata ( Pengetesan bisa dilakukan di tempat kursus )
  7. Fotocopy Visa dari Sponsor ( kalau sponsornya adalah personal )

3 Jenis Kursus Mengemudi Mobil Di Dubai Bagi Orang Asing

Kursus Mengemudi Mobil Di Dubai

Kursus mengemudi di Dubai bagi orang asing untuk mendapatkan SIM Dubai untuk mengemudi kendaraan bermotor ringan / Light Motor Vehicle (LMV), di bagi atas 3 jenis LMV. Pembagiannya didasarkan pada sudah berapa tahun pengalaman mengemudi di negeri asal Indonesia, sebagai berikut :

1. LMV 20 : untuk pemula/belum pernah mengemudi dan pemegang SIM  Indonesia yang diterbitkan kurang dari 2 tahun.

2. LMV 15 : Pemegang SIM Indonesia yang diterbitkan antara 2 – 5 tahun.

3. LMV 10 : Pemegang SIM Indonesia yang diterbitkan antara 5 tahun ke atas.

Jadi pada saat kita merencanakan untuk membuat SIM Dubai, kita mesti membawa SIM asli kita dari Indonesia. Karena petugas akan memeriksa tanggal dikeluarkannya SIM Indonesia kita, untuk menentukan LMV berapa yang mesti kita ikuti.

Saya memiliki SIM A sudah sekitar 19 tahun, berarti sudah 4 kali penggantian SIM. Namun terakhir kali perpajangan SIM, saya terlambat memperpanjangnya, karena saya sementara berlibur panjang pada saat SIM saya expired. Karena sudah expired, SIM saya tidak bisa diperpanjang lagi dan dianggap pembuatan SIM baru. Sehingga di SIM A baru saya, tertulis tahun pembuatan SIM saya adalah tahun 2017, berarti diantara 2-5 tahun pengalaman mengemudi.

Ini jadi satu pelajaran berharga, agar supaya jangan lagi lupa memperpanjang SIM saya sebelum habis masa berlakunya. Karena sendainya SIM terakhir saya bisa diperpanjang bukan dibuat baru,  maka tahun pertama pembuatan SIM akan tertulis di SIM saya. Jadi mestinya saya bisa ambil LMV 10, tapi sekarang saya mesti ambil LMV 15. Tertib administrasi pribadi memang sangat perlu, dan saya tahu itu adalah salah satu hal yang mesti saya terus perbaiki kedepannya. Perpanjang SIM tepat waktu, bayar tagihan- tagihan tepat waktu, dan tidak menunda-nunda pekerjaan.

Berapa Biaya Kursus Mengemudi Mobil di Dubai?

Nah setelah kita tahu LMV berapa yang mesti kita ambil, selanjutnya kita bisa memilih fasilitas apa yang mau kita dapatkan. Saya ambil contoh untuk LMV 10, kita bisa memilih class sesuai dengan budget kita.

1. VVIP ( Range Rover) First Class : 17,500 AED, setara dengan RP.67,200,872.94

2. VVIP (Mercedes/BMW) Bussiness Class : Admin = 5385 AED + Course = 6,000 AED = 11,685 AED ( termasuk Pajak 5%), setara dengan RP.44,870,982.87

3. Regular Class

Kursus Mengemudi Mobil Di Dubai

a. Regular Class :  Admin 3720.75 AED + Course 1,260 AED + Tax 5% = 4,980.75 AED, setara dengan RP. 19,126,163.87

b. Night Class :  Admin 3720.75 AED + Course 1,470 AED + Tax 5% = 5,190.75 AED, setara dengan RP. 19,931,893.01

c. Friday Class :  Admin 3720.75 AED + Course 1,680 AED + Tax 5% = 5,400.75 AED, setara dengan RP. 20,738,269.26

d. Shifting Class :  Admin 3720.75 AED + Course 2,100 AED + Tax 5% = 5,820.75 AED, setara dengan RP. 26,384,214.49

e. Shilver Class :  Admin 3720.75 AED + Course 3,150 AED + Tax 5% = 6,870.75 AED, setara dengan RP. 26,384.214.49

f. Gold Class :  Admin 3720.75 AED + Course 4,200 AED + Tax 5% = 7,920.75 AED, setara dengan RP. 30, 415,687.50

Fasilitas Khusus untuk VVIP First Class dan Business Class

Biaya di atas adalah untuk LMV 10, sementara untuk LMV20 biayanya lebih besar lagi. Misalnya anda punya uang banyak tak berseri, bisa juga mengambil  VVIP LMV20 dengan mobil Range Rover, dengan membayar 28,000  EAD atau setara dengan RP. 107, 522,161.09. Jadi hanya untuk mengurus SIM saja, biayanya sudah bisa untuk beli mobil baru di Indonesia.

Namun tentu saja dengan mengambil kursus VVIP First Class dan Bussiness Class, ada fasilitas khusus yang didapatkan sebagai berikut:

  • Class tersedia online.
  • Lokasi tempat latihan mengemudi bisa dipilih sendiri oleh peserta.
  • RTA Test and Test dari lembaga kursus akan dilakukan di lokasi yang sama yang dipilih oleh peserta dan disesuikan dengan map RTA.
  • Fasilitas antar jemput ke rumah peserta.
  • SIM dan sertifikat akan di antar ke rumah peserta.
  • Ruangan private disediakan pada saat mengunjungi tempat kursus.
  • First dan bussiness class bisa di ambil pada hari weekend dan malam hari.

Fasilitas di atas tidak akan diperoleh di kelas reguler. Peserta kelas reguler, harus datang sendiri ke tempat kursus, dan mengikuti schedule yang ditentukan oleh tempat kursusnya.

Nah demikian sekilas tentang kursus mengemudi di Dubai. Siapa tahu ada yang berencana pindah ke Dubai dan mau mengurus SIM Dubai, semoga bisa mendapat sedikit info apa yang mesti dipersiapkan, termasuk persiapan dokumen dan dana.

Salam Sejahtera.


Update pengalaman setelah mengikuti kursus mengemudi di Dubai, bisa di baca di sini.

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

2 comments

Leave a Reply