Khusus untuk pemilik mobil balap, Anda bisa membalap di sirkuit balap Dubai Autodrome

LIVE IN DUBAI
Balapan di Sirkuit Balap Dubai Autodrome

Punya mobil balap tapi mobilnya tidak pernah dibawa turun ke sirkuit balapan. Duh mubasir guys. Masak cuma dipakai jalan-jalan saja. Atau jangan-jangan malah dipakai kebut-kebutan di jalan raya. Itu tidak keren sama sekali guys. Jalan raya bukan tempat unjuk kemahiran anda di belakang stir, atau mengetes performance mobil kesayangan anda. Anda bisa membalap di sirkuit balap Dubai Autodrome, atau belum tahu?

Nah bagi yang tinggal di Dubai atau masih di wilayah United Arab Emirates, dan memiliki mobil balap atau supercar, bagusnya sekali-kali bawa mobilnya turun ke arena balapan di Dubai Autodrome. Sekali turun ke sirkuit, di jamin akan ketagihan.

Mengapa perlu membawa mobil balap anda ke sirkuit balapan?

Ada beberapa alasan mengapa pemilik mobil balap perlu mengemudikan mobilnya di sirkuit balapan.

  1. Pemilik mobil balap pasti tahu bahwa untuk mengetes performance mobil kesayangannya, mobilnya mesti ditest atau dicoba. Mobil balap memiliki spesifikasi mesin yang lebih tinggi dari mobil biasanya. Dengan mengemudi di sirkut balapan, kemampuan dan fungsi dari semua features yang ada di mobil balap tersebut bisa dites. Kalau hanya dikemudikan untuk mobilitas sehari-hari, maka performancenya tidak akan pernah bisa maksimal.
  2. Mobil balap memiliki kecepatan yang tinggi. Nah untuk mengetes berapa kecepatan maksimal mobil tersebut, tidak bisa dilakukan di jalan raya biasa. Apalagi bagi yang tinggal di Dubai atau daerah UAE lainnya. Semua jalan raya dimonitor oleh radar dan speed limit maksimal 120km/jam. Di sirkuit balapan, anda bisa memacu mobil anda sampai batas maksimal design speed mobil anda, tanpa kuatir kena denda. Tentu saja kalau anda berani 🙂 dan memang bisa menghandlenya.
  3. Mobil balap pada umumnya suaranya sangat bising. Karena itu sebaiknya tidak dimainkan gasnya ketika berada di garasi rumah anda apabila anda tinggal dekat dengan rumah tetangga lainnya. Kalau anda membuat bising dengan suara mobil anda, maka tetangga anda bisa melapor ke pihak pengelolah lingkungan atau ke Polisi. Dan sudah pasti anda akan didenda. Di arena sirkuit tentu itu tidak menjadi masalah.
  4. Suara keras dari mobil balap/supercar, bisa memacu alarm mobil di sekelilingnya. Saya pernah melihat langsung di parkiran basement sebuah mall, seseorang sedang memarkir mobil lamborghininya. Terdengar suara sangat bising karena pengemudinya menginjak gas mobil. Entah dia sengaja atau tidak. Dan seketika itu juga beberapa mobil yang berada di sekelilingnya bersamaan mengeluarkan bunyi alarm yang sangat bising. Tentu saja hal tersebut merepotkan si pemilik mobil Lambo tersebut, para petugas parkir di basement, dan pemilik mobil yang alarmnya berbunyi. Karena itu para pemilik mobil balap atau supercar pasti enggan untuk memainkan gas mobilnya di tempat umum / parkiran umum.
  5. Sirkuit balapan memiliki jalur atau track yang di design khusus untuk menguji kemampuan oleh gerak dari mobil balap atau supercar.
  6. Sirkuit balapan didesign dengan mempertimbangkan unsur safety yang tinggi. Untuk meminimalkan resiko bagi pengemudi dan mobil itu sendiri.
  7. Di sirkuit balapan selalu standby team mekanik dan medik termasuk ambulance, sehingga kalau terjadi mall function di mobil, maka bisa segera mendapat bantuan. Atau tidak diminta-minta dan ada kecelakaan, maka team medisnya bisa segera menolong.
  8. Selain itu, sebelum mengemudi di sirkuit balapan, pemgemudi mesti mengikuti breafing yang mengajarkan teknik-teknik dasar membalap, dan pengetahuan dasar safety, sehingga akan menambah pengetahuan anda bagaimana cara mengemudi yang benar dan aman.

Itulah di atas beberapa alasan sederhana, mengapa pemilik mobil balap sesekali perlu membawa mobilnya ke sirkut balapan.

Bagaimana caranya agar pemilik mobil balap / supercar bisa masuk ke sirkut balap Dubai Autodrome ?

Menurut info dari google yang saya baca beberapa waktu yang lalu, Dubai menempati urutan ke-4 di dunia, dalam daftar pemilik terbanyak dari mobil mewah, mobil balap atau supercar. Di Dubai area AL Quoz, berjejer dealer mobil mewah dengan segala merek. Bahkan merek yang eklusive yang jarang dikenal pun ada di Dubai.

Di jalan raya Dubai, sangat banyak ditemui mobil-mobil eksotik. Mulai dari Lamborghini, Ferrari, Maserati, Aston Martin, Rolls Royes, Mercedes Benz, BMW, Bentley, Dodge, McLaren, Audi, Bugatti, Cadillac, Infiniti, Porche, Range Rover, dan lain sebagainya. Oleh karena itu keberadaan Sirkuit Balapan Dubai Autodrome sangat cocok, karena orang Dubai sangat senang dengan mobil mewah dan mobil balap.

Di sela-sela event balapan resmi, Dubai Autodrome juga memberi kesempatan kepada pemilik mobil balap yang ingin mengemudi mobil sendiri di dalam sirkuit track. Nama eventnya adalah Track Day dan diadakan 2 kali dalam sebulan kalau tidak salah. Pemilik mobil balap mesti booking tiket lewat online dan memilih tanggal yang diinginkan. Karena kalau tidak salah, dalam sekali event hanya maksimal 20 mobil yang boleh ikut.

Apa itu Track Day / Evening?

Track Days / Evenings adalah kegiatan yang diadakan oleh Dubai Autodrome untuk memungkinkan pengemudi atau pemilik mobil balap untuk mengeksplorasi kinerja mobil mereka. Balapan dilangsungkan di lingkungan yang terkendali dan aman. Jadi memberi kesempatan untuk berkendara di lintasan balap tanpa kendala, pembatasan, dan risiko, tidak seperti jalan raya umumnya. 

Selain itu balapan dilakukan dengan standard safety yang ketat mengikuti standar internasional. Pos Marshal dijaga oleh petugas untuk memberi peringatan, safety truk, ambulance dan paramedik juga disediakan selama balapan berlangsung.

Persyaratan apa saja yang mesti dipenuhi untuk ikut Track Day di sirkuit Balap Dubai Autodrome ?

Untuk mengikuti Track Day, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi:

  1. Memiliki mobil balap sendiri, jenis apa saja, yang penting kondisinya bagus dan layak untuk dipakai balapan. Mobil SUV dan yang terbuka, tidak bisa ikut. Pemilik mesti memastikan sendiri kondisi mobilnya. Apabila tidak memiliki mobil balap sendiri, maka bisa menyewa mobil balap dari orang lain yang berada di arena. Harga sewa tergantung dari kesepakan anda sendiri dengan pemilik mobil dan pihak Autodrome tidak ikut campur tangan. Karena pada dasarnya pada saat Track Day, partisipan mesti membawa mobilnya sendiri.
  2. Pengemudi mesti memiliki SIM yang masih berlaku.
  3. Mesti menggunakan helm khusus balapan. Kalau tidak punya, maka bisa di sewa seharga 55 AED.
  4. Terlebih dahulu harus membeli tiket Track Day secara online dan datang pada tanggal yang dipilih dan melakukan registrasi.
  5. Bagi yang baru pertama kali ikut Track Day, maka sebelum masuk ke arena balap, pengemudi mesti mengikuti kegiatan Novice Track Evening terlebih dahulu.

Berapa harga tiket Track Day di sirkuit balap Dubai Autodrome ?

Harga tiket tergantung dari konfigurasi sirkuit yang digunakan hari itu. Harga tiket saat ini menurut laman resmi Autodrome adalah:

1). National Circuit – AED 840 setara Rp 3,260,818.70

2). International Circuit – AED 840

3). Grandprix Circuit – AED 1000 setara Rp 3,881,978.36

Kalau ada yang ikut di mobil, maka dikenakan tambahan 210 AED perorang setara Rp 815,215.45. (Ada beberapa pengemudi yang ditemani oleh satu orang duduk di samping pengemudi).

Untuk harga pastinya, bisa lihat di laman resmi pada saat mau booking tiket.

Kalau sering ikut acara Track Day, maka akan mendapatkan Kartu Loyalitas. Setelah 6x ikut balapan, sesi ke-7 akan digratiskan.

Apa saja yang mesti dipersiapkan sendiri, sebelum turun ke sirkuit balap Dubai Autodrome ?

Jadi sebelum anda turun racing, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sendiri.

Peserta balapan mendapat gelang khusus tanda pengemudi

1). Cek kondisi kendaraan anda. Kalau perlu bawa ke bengkel dan lakukan maintenance. Cek dan pastikan semua komponennya dalam kondisi prima. Salah satu yang paling penting yaitu kondisi ban dan rem. Apa bila rem mobil belum begitu lama di ganti, maka usahakan hati- hati dan mainkan remnya sebanyak-banyaknya sebelum turun balapan. Kondisi ban pun perlu dicek dan pastikan masih bagus.

2). Kosongkan mobil anda dari barang – barang yang tidak perlu berada di dalam mobil.

3). Isi full tanki sebelum datang ke arena. Di kompleks balapan ada tempat pengisian bahan bakar kalau kehabisan bahan bakar. Tetapi harganya tentunya lebih mahal.

4). Datang lebih cepat dari waktu pelaksanaan acara. Agar anda tidak tergesa-gesa dan nervous memulai balapan.

5). Gunakan pakaian yang nyaman dan sepatu olahraga.

6). Istirahat yang cukup, pastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan prima. Minum air secukupnya dan bawa stok air minum.

Apakah kegiatan balapan di cover oleh asuransi?

Dan hal paling penting yang mesti diketahui yaitu masalah keselamatan diri dan kendaraan. Pihak Autodrome tidak menyediakan asuransi terhadap pengemudi dan kendaraan yang dipakai pada acara Track Day. Jika terjadi kecelakaan, maka semua resiko menjadi tanggung jawab pengemudi itu sendiri. Termasuk resiko mobil yang rusak.

Perlu juga diketahui bahwa asuransi kesehatan dan jiwa biasanya tidak mencover resiko yang timbul karena kecelakaan pada  kegiatan balapan. Asuransi mobil pun, umumnya tidak mencover kegiatan balapan. Jadi pemilik mobil atau pengemudi mesti tahu kondisi tersebut, sebelum mengikuti balapan.

Tapi jangan terlalu takut, karena pada umumnya laju kendaraan pada acara Track Day tidak akan seperti pada saat Formula 1 :-).  Karena pengemudinya pun hati-hati dan tidak berusaha berlomba benar-benaran. Tidak ada trophy yang diperebutkan. Banyak yang mengikuti acara ini, hanya untuk merasakan sensasi berada di lintasan balapan.

Ada juga yang mengikutinya untuk mengetes kemampuan mengemudikan mobil balapannya atau untuk mengetahui kinerja mobilnya. Tapi tentu saja kecepatan mobil lebih tinggi dari pada di jalan raya, dan safety sangat diperhatikan.

Apa saja yang dilakukan selama acara Track Day?

Breefing sebelum balapan dimulai
  1. Bawa kendaraan anda ke dalam lokasi parkir Autodrome. Bisa dikemudikan langsung oleh pengemudinya. Ada juga mobil yang diantar pakai trailer angkutan mobi.
  2. Langsung pergi ke meja panitia, yang berada di ruangan di Lantai 2 dan lakukan registrasi.
  3. Tunggu sampai waktu yang ditentukan, maka silakan ikut breefing di ruangan breefing. Partisipan akan mendapatkan pengarahan umum sebelum turun ke sirkuit.
  4. Bagi yang sudah pernah mengikuti acara yang sama sebelumnya, setelah sesi breefing umum, partisipan tersebut bisa langsung turun ke sirkuit.
  5. Untuk yang baru pertama kali ikut, maka akan mengikuti breefing lanjutan yang disebut Novice Track Evening. Partisipan akan mendapatkan informasi dan petunjuk teknik dasar mengemudi dan safety standard selama acara. Sekitar 10 menitan.
  6. Usai breefing, partisipan lalu turun ke bawah dan mengambil mobil masing-masing dan membawanya berjejer satu-satu di daerah yang ditentukan.
  7. Setelah semua komplit, maka seorang instruktur akan mengemudi di depan dan diikuti oleh semua mobil dari belakang. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan lokasi jalur keluar dan masuk pitstop, serta lintasan track yang akan digunakan .
  8. Konvoi mobil akan berputar 1 putaran lintasan, lalu semuanya kembali ke pitstop.
  9. Apabila terdengar bunyi sirene, maka semua mobil balap akan keluar dari pitstop menuju garis start point. Mobil berjejer satu-satu ke belakang.
  10. Sirini kemudian dibunyikan kembali dan bendera start di angkat, menandai dimulainya balapan. Mobil-mobil balap tersebut lalu masuk ke lintasan dan melakukan balapan sesi 1.
  11. Setelah sesi 1 selesai, ada waktu istirahat sebentar, kemudian lanjut ke sesi 2. Demikian juga dengan sesi 3.
  12. Setelah sesi 3, mobil kemudian kembali ke area parkiran dan boleh meninggalkan arena.

Demikianlah sharing sedikit pengalaman saya menemani suami mengikuti Track Day. Kalau ingin tahu lebih banyak lagi tentang Dubai Autodrome, silakan baca tulisan saya sebelumnya di sini. Atau buka halaman website resmi Dubai Autodrome.

Tertarik mau ikut balapan tapi tidak punya mobil balap sendiri? Atau hanya mau merasakan duduk di samping pembalap dan merasakan sensasi balapan di racing sirkuit? Boleh juga kok. Yuk bisikin saya, nanti saya kasih tahu caranya 🙂

Happy driving and safety speeding everyone.

Indonesian in Dubai.

Orang Indonesia di Dubai.

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply