jualan online di Dubai

Hati-Hati ! Anda harus punya izin untuk bisa jualan online di Dubai

LIVE IN DUBAI
jualan online di Dubai

Jualan Online Di Dubai. Anda pasti sering melihat di social media, terutama facebook, postingan jual pakaian, tas, sepatu, aksessories dan bahkan jualan makanan, baik makanan kemasan maupun makanan siap saji / siap santap.

Bahkan akhir-akhir ini kalau saya membuka facebook, isinya penuh sama orang lagi live menjual dagangannya. Ini sudah biasa kalau di Indonesia. Siapapun boleh menjual di account sosial media miliknya.

Tapi, untuk yang tinggal di Dubai / UAE …HATI-HATI!

Penggunaan social media di Dubai dan UAE pada umumnya, tidak sama dengan di Indonesia. Pemerintah UAE, dalam hal ini, yaitu Kementerian Ekonomi dan Authority bidang Telekomunikasi, bekerjasama untuk mengatur penggunaan social media, yang berhubungan dengan kegiatan jualan online.

Penduduk UAE yang menjual secara online, harus mempunyai izin untuk menjual online. Kalau tidak maka resiko denda sebesar Dh500,000 siap mengintai.

Contoh jualan online

Contohnya, seseorang ataupun suatu usaha catering rumahan, yang menjual makanan kemasan ataupun makanan jadi, seperti bakso atau kue kering, atau apa saja hasil masakan, baik di facebook, Instagram atau WhatsApp, diharuskan memiliki izin khusus untuk menjual secara online. Kalau tidak, maka di anggap melakukan kegiatan komersial yang illegal.

Di UAE, ketika seseorang atau sebuah pengelolah restaurant atau supplier makanan menjual makanan di sosial media, dan kostumernya mengalami masalah, misalnya keracunan atau sakit perut setelah mengkonsumsi makanan tersebut, maka orang, atau usaha tersebut akan mendapatkan denda yang besar. Dan akan berlipat lagi kalau ketahuan tidak memiliki izin menjual online.

Selain soal makanan, sekarang ini pemerintah UAE/Dubai, juga lagi gencar-gencarnya melarang aktivitas jual-beli barang-barang palsu, atau kawe istilah orang Indonesia. Pemerintah UAE menyasar para supplier, penjual dan pembeli barang-barang palsu. Jadi sebagai orang awan, sebaiknya kita pun berhati-hati membeli barang lewat online, terutama barang-barang yang tidak asli / original.

Ibu-ibu rumah tangga di UAE, tidak bisa seperti ibu-ibu rumah tangga di Indonesia, yang bisa mengisi waktunya dengan jual-jualan online. Termasuk membuat usaha kecil-kecilan seperti menerima jahitan di rumah atau membuat pernak-pernik yang lalu ditawarkan online. Atau menerima pesanan kue dan lain-lain bisnis rumahan. Di UAE, kalau mau berbisnis apapun bentuknya harus memiliki surat izin.

Mengapa dilarang jualan online di Dubai, kalau tidak memiliki izin?

Memang sekarang ini pemerintah UAE / Dubai terus berupaya untuk memberikan pelayanan secara online, termasuk mendorong transaksi online dalam pelayanan publik. Dan juga mendorong perkembangan teknologi digital. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang adalah era digital. Tetapi untuk kegiatan jualan online, penjual tetap diwajibkan memiliki izin.

Ada banyak alasan mengapa kegiatan jual beli online di UAE, sangat diperhatikan oleh pemerintahnya. Menurut saya, diantaranya yaitu untuk mencegah kejahatan yang bisa timbul dari transaksi online. Misalnya pembeli sudah membayar, namun barangnya tidak diantar atau dikirimkan. Barang yang diorder tidak sesuai dengan barang yang diperoleh. Penjual mengambil dan menggunakan salah data-data dari pembelinya, dan lain-lain.

Selain itu kebijakan tersebut juga untuk melindungi usaha lain yang bergerak dibidang promosi dan advertizing. Menjaga agar oulet konvensional tetap bisa berjalan normal. Pertimbangan pajak, dan tentu saja masih banyak pertimbangan penting lainnya.

Bagaimana cara mendapatkan surat izin menjual online di Dubai / UAE?

Nah, anda mungkin bertanya sekarang, bagaimana cara untuk mendapatkan surat izin menjual online.

Kalau anda memiliki bisnis di UAE atau ingin jual-jualan online, maka terlebih dahulu anda mesti membuat perusahaan dan mendaftarkannya untuk mendapatkan surat izin usaha. Kemudian untuk menjual produk anda lewat online, anda mesti mengurus surat izin menjual online yang disebut : E-commerce Licence.

So, hati-hati ya….

Sesuai yang di tulis di Khaleej Times, bahwa ditemui banyak ibu-ibu yang menjual-jual online secara kecil-kecilan di account sosial medianya. Ada yang tidak menyadari bahwa mereka melanggar peraturan karena itu adalah hal biasa di negara asalnya. Dan ada juga yang berpikir bahwa toh hanya kecil-kecilan saja, jadi tidak mungkin akan dilacak. Namun mereka menempatkan diri mereka dalam resiko kena denda dan bisa juga kena sanki kriminal.

Jadi, bagi warga negara Indonesia yang tinggal di Dubai / UAE, sebaiknya menghindari jual-jualan di facebook, instagram atau WA, Toko Online atau website, kalau tidak memiliki surat izin khusus menjual online. Kalau kedapatan dan kena denda Dh500,000, mungkin tidak bisa lagi pulang ke Indonesia. Jangan sampai ya.

Kalau memang mau jualan online, atau mempromosikan bisnisnya di social media, sebaiknya mengunjungi kantor Department of Economic Development untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

Intinya kita mesti mengikuti peraturan di mana kita berada. Agar langkah kaki kita bisa lurus dan ringan, selama kita menjalani pekerjaan maupun bisnis kita di negeri orang.

Mohon dibagikan postingan ini, sekiranya anda menilai informasi ini akan berguna untuk di ketahui.

Salam sukses …

Baca-baca tulisan saya lainnya tentang Dubai, dengan klik di sini.

Sumber : koran harian Khaleej Times edisi 28 Juni 2019

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

2 comments

Leave a Reply