Funeral Procession for Ne’ Nesry. Procession No:21 Ma’Balakkayan

Toraja Gallery
Funeral Procession Ma'Balakkayan
Funeral Procession Ma’Balakkayan.

HARI/TANGGAL(Day/Date): SELASA/Tue 31.07.2018

Funeral Procession Ma’Balakkayan dalam rangkaian upacara pemakaman Ne’Nesry, dilakukan setelah prosesi Mangngosok Batu, yaitu sekitar pukul 15.00PM.

Manggosok Batu adalah prosesi mendirikan batu menhir atau disebut batu simbuang. Ada 4 batu simbuang yang didirikan dalam prosesi pemakaman Ne’ Nesry.

Ma’Balakkayan adalah mendirikan Balakkayan, yaitu mendirikan panggung di tengah-tengah keempat batu simbuang yang telah didirikan sebelumnya.

Setelah kegiatan Mangngosok Batu selesai, beberapa orang laki-laki lalu pergi menebang sebatang pohon Buangin dan membawanya beramai-ramai ke tengah Batu Simbuang. Orang tua adat kemudian melakukan penggalian lubang untuk menanam kayu Buangin tersebut. Kemudian penggalian dilanjutkan oleh orang muda.

Kayu Buangin tersebut ditanam berdiri tepat di tengah- tengah , dan menjadi tiang tengah dari panggung yang akan dibuat. Sementara kayu yang lain disekelilingnya adalah kayu Nato dan kayu Kau-Kau.

Fungsi Balakkayan dalam rambu solo’

Panggung/Balakkayan ini akan digunakan sebagai tempat berdiri bagi pemimpin upacara adat,  ketika beliau membagi-bagikan potongan daging pada hari prosesi Mantunu (Hari penyembelian hewan korban). Dimana sebagian daging korban, di potong kecil-kecil lalu dinaikkan ke atas panggung yang disebut Balakkayan.

Dari atas panggung ini, Tomantawa akan menyebut nama-nama yang akan menerima pembagian daging, kemudian membuang daging tersebut ke bawah panggung. Daging tersebut akan diambil oleh orang yang disebutkan namanya tau yang mewakilinya.

Yang menjadi Tomantawa (Orang yang membagi-bagikan daging), yaitu Anak Bamba. Dimana Anak Bamba adalah wakil Saroan / Tondok / kelompok masyarakat. Anak Bamba di pilih oleh orang tua dalam Saroan.

Nah demikianlah yang dimaksud dengan prosesi Ma’balakkayan.

Baca juga prosesi lainnya di sini .

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply