Funeral Procession for Ne’Nesry. Procession No.13: Ma’Doya Lompo

Uncategorized

Funeral Procession for Ne’Nesry.

Procession No.13: Ma’Doya Lompo

HARI/ TANGGAL: KAMIS/ 26.07.2018 (Malam)

Prosesi Ma’Doya Lompo pada rangkaian upacara pemakaman Ne’nesry, dilakukan setelah prosesi Ma’doya Manuk, sekitar pukul 21.00 malam. Ma’doya Lompo adalah prosesi pemotongan satu ekor babi. Pemotongan babi dengan cara ditikam (Ditobok). Dilakukan di dekat api yang sudah dinyalakan pada prosesi Umpengkalao Api.  Setelah babinya mati, babi tersebut dibakar di atas nyala api sampai bulu-bulunya habis terbakar lalu dikeluarkan dari nyala api.

Bagian perut babi tersebut lalu dikeluarkan dan babi dinaikkan kembali ke nyala api sampai daging babi menjadi agak matang lalu dikeluarkan lagi dari nyala api. Setelah itu, maka daging babinya dipotong menjadi bagian kecil-kecil.

Sembari menunggu daging siap dipotong-potong, laki-laki bermain kartu di Lumbung padi untuk mengisi waktu dan bersenda gurau bersama. Sementara anak muda duduk berkumpul di Lumbung dan menyanyikan lagu duka cita dalam Bahasa Toraja, untuk mengungkapkan duka mereka ditinggal oleh Ne’ Nesry, kakek dan kerabat mereka.

Waktu daging babi sudah selesai dipotong kecil-kecil, potongan daging babi kemudian dibagikan sepotong kepada siapapun yang hadir pada saat prosesi. Masing-masing orang kemudian membakar potongan daging yang dia sudah dapatkan, diatas nyala api, sampai matang dan siap dimakan. Dalam Bahasa Toraja disebut Mangrarang. Semua orang sibuk Mangrarang.  Daging yang sudah matang lalu dimakan sambil minum tuak atau kopi dan bermain kartu serta bernyanyi sampai larut malam. Ada juga yang membawa sebagian dari daging bagiannya pulang kerumahnya, karena dagingnya tidak habis dibakar untuk dimakan pada malam itu.

Itulah yang disebut Ma’Doya Lompo. Mama saya menceritakan bahwa dahulu waktu kakek masih hidup, kakek juga sering pergi Ma’Doya dan pulang membawa daging babi kerumah.

Prosesi Ma’Doya Lompo pada umumnya dilakukan pada setiap upacara pemakaman, bukan hanya pada upacara tingkat tinggi. Prosesi Ma’Doya bisa dilakukan apabila keluarga bisa menyiapkan babi yang akan dikorbankan. Akan tetapi, kadang kala pada saat prosesi dilakukan, prosesinya tidak dijelaskan dan dilakukan tidak dihadiri banyak orang, sehingga dikira tidak ada prosesi Ma’doya padahal prosesinya dilaksanakan.

Itulah salah satu alasan sehingga Prosesi Ma’Doya Manuk dan Ma’Doya Lompo pada upacara pemakaman Ne’nesry, dilakukan dalam waktu tertentu, dilakukan semalam. Agar para keturuan Ne’nesry pada khususnya, keluarga besar dan masyarakat setempat pada umumnya, terutama para generasi muda, kembali  belajar tahap demi tahap prosesi pemakaman adat Toraja. Juga belajar makna dari ritual leluhurnya, dan kemudian melakukan ritualnya sesuai dengan kondisi saat ini, tanpa mengurangi maknanya.

Karena diyakini bahwa setiap penghormatan kepada leluhur dan setiap tahap demi tahap  dalam prosesi pemakaman, dilakukan untuk memberikan penghormatan tertinggi kepada To Mate (yang meninggal) dan semuanya bertujuan baik. Sehingga apapun yang tujuannya baik, akan memberi kebaikan kepada semua orang.

 

 

 

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
By profession as an naval architect, has spent 15 yearsprofessional works on offshore, marine and shipbuilding business at several international companies, working in some countries. Currentlystarting slowly refrain from managing her projects and shifting to her other passions on social works, health care and natural life.
Founder of Elite Spa & Salon Bali and Soapyme Organic who has interest for natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design,sewing and craft ideas.

Recently starting build up her website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, her hometown culture. And her youtube: Yosinta Paruruk

To know more about her recent activities and ideas, please visit her
website : www.yosintaparuruk.com

blogs :
http://elitespabali.blogspot.co.id/

http://soapymeorganics.blogspot.co.id/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

https://www.facebook.com/soapymeorganic/?ref=bookmarks

---------

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply