Fakta menarik tentang Dubai Autodrome, sirkuit balapan terkenal di Dubai

LIVE IN DUBAI
Fakta menarik tentang Dubai Autodrome, sirkuit balapan terkenal di Dubai
Balapan di Dubai Autodrome. Photo dari laman resmi Dubai Autodrome.

Hello, para penggemar olahraga balapan, apa khabar?  Apa sudah pernah mendengar tentang sirkuit balapan Dubai Autodrome di Dubai, United Arab Emirates (UAE)? Atau jangan-jangan anda sudah pernah datang ke sini untuk menonton balapan.  Atau mungkin juga anda sendiri yang ikut balapan di sini?

Nah, bagi yang belum tahu atau belum pernah pergi ke sini, saya akan bagikan sedikit cerita tentang sirkuit balapan yang satu ini. Kebetulan 3 hari yang lalu, saya sempat masuk ke dalam sirkuit. Walaupun hanya ikut menonton suami yang ikut balapan, rasanya excited banget. Dan agak gregetan juga karena sudah lebih dari empat bulan kami tinggal di dekat sirkuit tersebut, namun baru sempat berkunjung ke sana.

Berikut ini saya ingin berbagi hal-hal menarik tentang Dubai Autodrome itu sendiri.

Di mana lokasi Dubai Autodrome?

Fakta menarik tentang Dubai Autodrome, sirkuit balapan terkenal di Dubai
Dubai Autodrome Welcome Center dan jalur Track

Bagi yang tinggal di Dubai, pasti sudah pernah mendengar kata Dubai Autodrome. Karena Dubai Autodrome sangat popular di Dubai. Dubai Autodrome, adalah sirkuit balapan yang berada di kompleks Motor City. Motor City adalah sebuah kompleks atau daerah kecil yang dikhususkan untuk pusat motorsport. Di area Motor City, terdapat satu area besar untuk arena sirkuit Dubai Autodrome itu sendiri, kemudian satu area lagi adalah arena outdoor gokart atau karting. Dua area ini dipisahkan oleh jalan raya yang lewat di tengah kompleks.

Fakta menarik tentang Dubai Autodrome, sirkuit balapan terkenal di Dubai
Lokasi Karting Indoor dan Outdoor dipisahkan oleh jalan raya

Di area Motor City terdapat sebuah kompleks pemukiman yang terkenal, namanya Motorcity Uptown Apartment. Pemukiman ini terkenal karena kondisi di dalam kompleks yang sangat hijau, nyaman dan bersih. Sementara di depan kompleks pemukiman, terdapat fasilitas pelayanan publik yang boleh dibilang cukup lengkap. Mulai dari restaurant cepat saji seperti KFC, Mc Donal, Subway, Starbuck, dll, restaurant khusus makanan Thailand, Lebanon, Seafood restaurant dan masih banyak lagi.

Terdapat beberapa bank dan money changer, sebuah rumah sakit dan 2 buah klinik, salon, laundry, toko stationary, kantor Etisalat dan Du ( internet provider ), Ace Hardware, Carrefour, spinnay, dan sebuah hotel mewah Park in Hotel yang berada di samping Dubai Autodrome itu sendiri dan dibawahnya adalah First Evenue Mall. Belgian Pub yang terkenal, Le Petit Belge, juga ada di First Evenue Mall, tempat relaks para expatriate. Dan tentu saja beberapa took grosery seperti Daiso. Sehingga menjadikan Motor City sebuah kompleks yang sangat bagus untuk tempat tinggal ataupun sekedar berkunjung kesana.

Untuk melihat persisnya lokasi arena balapan itu sendiri, silakan klik di sini.

Bagaimana cara berkunjung ke sirkuit racing ini?

Kalau kita menggunakan publik transport, maka station MRT yang terdekat adalah Mall of Emirates. Kemudian dari Mall of Emirates menggunakan bus F37 dan berhenti di halte Uptown Apartment atau halte Spinney. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, lokasinya berada di simpang pertemuan E311 dan D63

Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Dubai Autodrome?

Kalau ingin berkunjung ke Dubai Autodrome untuk menonton balapan, maka sebaiknya cek dulu jadwal kegiatan balapan di laman resmi Dubai Autodrome. Untuk melihat jadwal balapan, silakan klik di sini.

Fasilitas apa saja yang ada di sediakan di area sirkuit?

Fakta menarik tentang Dubai Autodrome, sirkuit balapan terkenal di Dubai
Salah satu bagian bangunan dimana bagian bawah ditempati oleh mobil balap sementara bagian atasnya adalah ruangan meeting, toilet, office, dll.

Dubai Autodrome adalah sirkuit balapan pertama di United Arab Emirates (UAE) yang terintegrasi dengan fasilitas hiburan. Merupakan jantung kegiatan olahraga motorsport di UAE pada umumnya dan Dubai khususnya.

Adapun fasilitas yang terdapat di dalam arena adalah:

  • Arena sirkuit standard FIA sepanjang 5.39km dengan enam konfigurasi yang berbeda
  • Sekolah balap
  • Trek karting indoor dan track karting outdoor
  • Grandstand Retail Plaza
  • Bussiness Park
  • Paddock VIP
  • Dan fasilitas hiburan lainnya yang cocok untuk mengadakan event perusahaan atau komunitas.

Fasilitas arena yang cukup besar mampu menampung jumlah penonton yang besar pula. Karena itu cocok juga untuk jadi tempat pelaksaaan event-event masyarakat Dubai.

Balapan apa saja yang sudah pernah di adakan di sirkuit balapan ini?

Menurut laman Dubai Autodrome, Dubai Autodrome telah menjadi tuan rumah pelaksanaan balapan bertaraf internasional. Diantaranya adalah:

  •  FIA GT Championship
  •  European Touring Car Championship
  • A1 GP
  • GP2 Asia
  • Lamborghini Super Trofeo ME
  • MRF Challenge
  • Porsche GT3 Cup Challenge ME
  • Radical Middle East Cup
  • Hankook 24H Dubai Endurance Race

Selain itu Dubai Autodrome juga setiap tahunnya melaksanakan motorsport lokal seperti

NGK Racing Series, UEA Sportbike Championship, Formula Gulf Academy dan FIA UAE F4 Championship.

Apakah mesti bayar kalau mau masuk ke sirkuit?

Pada saat pelaksanaan balapan resmi, maka biasanya penonton harus membayar karcis tanda masuk. Namun kalau tidak ada balapan atau event resmi, maka kita bisa masuk ke dalam tanpa bayar. Kami pernah jalan-jalan ke arena karting outdoor, dan boleh masuk free karena lagi tidak ada balapan resmi. Tetapi mesti minta permisi kepada petugas yang berjaga.

Apakah hanya pembalap professional yang boleh menggunakan arena balapan?

Tidak. Ada banyak kegiatan yang diadakan oleh Dubai Autodrome, di mana selain pembalap professional, para pembalap pemula atau para pemilik mobil balap, bisa  menyetir sendiri mobilnya dan membalap di dalam arena. Atau kalau tidak punya mobil balap sendiri, bisa menyewa mobil balap yang tersedia di Dubai Autodrome.  

Sekiranya takut menyetir sendiri di arena balapan, pengunjung juga bisa merasakan sensasi duduk di kursi depan, dan mobilnya akan di kemudikan oleh para pembalap terlatih yang disediakan di arena.  

Berapa duit yang mesti di bayar untuk bisa menggunakan mobil balap yang disediakan oleh Dubai Autodrome?

Pihak pengelolah menyediakan berbagai macam merek dan spesifikasi mobil balap, yang bisa disewa kalau tidak memiliki mobil balap sendiri. Harganya sewanya tergantung dari merek dan spesifikasi serta berapa session atau lap yang mau di ambil. Harga juga berbeda kalau anda yang mengemudi sendiri atau anda duduk di samping supir.

Untuk mengetahui harganya sewa mobil, dan melihat jadwal kegiatan balapan, juga untuk booking online, silakan klik di sini.

Masih pengen tahu lebih banyak lagi? Tunggu tulisan saya berikutnya. Saya akan membagikan pengalaman saya menemani suami menyalurkan hobby membalapnya di acara Track Day, tanggal 08 June 2019.

Salam olahraga, salam sehat dan sejahtera. Dan jangan lupa intip kegiatan saya lainnya di Dubai, dengan klik di sini. Thank you.

Indonesian in Dubai, Happy People

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
By profession as an naval architect, has spent 18 yearsprofessional works on offshore, marine and shipbuilding business at several international companies, working in some countries. Currentlystarting slowly refrain from managing her projects and shifting to her other passions on social works, health care and natural life.
She has interest for natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design,sewing and craft ideas.

Recently starting build up her website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, her hometown culture and story about her live in Dubai. Her youtube: Yosinta Paruruk

To know more about her recent activities and ideas, please visit her
website : www.yosintaparuruk.com

and her hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram : Yosinta Paruruk
Twitter : Yosinta Paruruk

---------

Leave a Reply