Daftar Lembaga Kursus Mengemudi di Dubai/UAE

LIVE IN DUBAI
Daftar Kursus Menyetir mobil di Dubai / UAE
Ruangan pengurusan administrasi

Daftar Kursus Menyetir mobil di Dubai / UAE. Selamat siang guys, apa khabar. Apakah anda sedang mencari tempat kursus mengemudi di Dubai? Kali ini saya akan berbagi informasi daftar kursus menyetir mobil di Dubai / UAE. Siapa tahu ada yang membutuhkannya.

Sebelumnya saya sudah menulis 2 artikel mengupas hal-hal yang berkaitan dengan pengurusan SIM, Surat Ijin Mengemudi di Dubai. Tulisan pertama memuat syarat-syarat atau dokumen yang mesti disiapkan untuk mendaftar kursus mengemudi mobil di Dubai. Silakan klik di sini kalau anda belum tahu syarat-syaratnya.

Tulisan kedua, saya tulis setelah saya menyelesaikan kursus menyetir mobil di Dubai, dan sudah mendapatkan SIM / Surat Ijin Mengemudi. Dalam tulisan tersebut, saya membagikan pengalaman saya secara detail, tahap demi tahap yang mesti dijalani selama menjalani kursus mengemudi mobil di Dubai. Silakan klik di sini untuk membacanya.

Kursus Private Mengemudi tidak ada di Dubai

Seperti saya sudah beritahukan dalam artikel sebelumnya, bagi orang Indonesia, pemegang passport Indonesia, maka pemerintah Dubai mengharuskan untuk ikut kursus mengemudi di Dubai, untuk bisa mendapatkan SIM Dubai.

Kalau anda sama sekali belum punya SIM dari Indonesia atau dari negara lain, maka anda mesti mengikuti paket 40 Jam kursus. Apabila anda sudah memiliki SIM Indonesia atau SIM dari negara lain, maka anda bisa konsultasikan ke petugas di RTA atau lembaga kursus, untuk mengetahui jenis kursus mana yang akan diberlakukan untuk anda. Tergantung sudah berapa lama anda mengemudi ( sesuai tahun dikeluarkannya SIM pertama anda ), dan negara mana yang sebelumnya memberikan SIM kepada anda.

Intinya, semua pengemudi kendaraan di Dubai, mesti mengikuti kursus dan atau test di tempat kursus, untuk bisa mendapatkan SIM Dubai. Tidak ada kursus privat mengemudi di Dubai. Atau belajar sama teman atau keluarga. Untuk mengikuti kursus pun, anda mesti mendapatkan izin dari RTA.

Pada saat anda latihan mengemudi di lembaga kursus bersama dengan instruktur, anda juga mesti membawa terus izin belajar anda. Kalau anda tidak membawanya karena lupa atau hilang, dan kebetulan dicek sama RTA, maka anda akan di denda.

Siapakah yang mengeluarkan SIM Dubai?

RTA ( Road Transport Authority ) adalah pihak yang berwenang mengeluarkan SIM. Namun mereka tidak mengelolah lembaga kursus mengemudinya. Kursus mengemudi dilakukan oleh perusahaan atau lembaga kursus yang sudah di authorized oleh RTA. Anda akan di ajar oleh instruktur yang sudah bersertifikat dari RTA. Kemudian mesti lolos dulu tes internal di lembaga kursus, baru bisa mengikuti tes yang dilakukan oleh RTA langsung.

Daftar Lembaga Kursus Mengemudi di Dubai

Karena hampir semua orang mesti mengikuti kursus mengemudi untuk mendapatkan SIM Dubai/UAE, maka lembaga kursus mengemudi di Dubai sangat populer, dan ada di mana-mana.

Berikut ini adalah beberapa lembaga kursus menyetir mobil di Dubai. Saran saya pilih tempat kursus yang dekat dengan tempat tinggal anda.

  1. Drive Dubai, telepon : 04-3455855. (Memiliki 8 cabang)
  2. Al Ahli Driving School, telepon : 04-3411500. (Memiliki 8 cabang)
  3. Belhasa Driving School, telepon : 04-3243535. (Memiliki 26 cabang)
  4. Emirates Driving Institute, telepon : 04-2631100. (Memiliki 52 cabang)
  5. Galadari Driving School, telepon : 04-2676166 (Memiliki 48 cabang)

Silakan klik nama lembaga kursusnya untuk masuk ke website resmi mereka. Bisa juga anda hubungi lewat telepon, untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan.

Saya kebetulan mengikuti kursus mengemudi di Drive Drive, maka kali saya akan bagikan sedikit hal tentang Drive Dubai.

Drive Dubai tempat saya mengikuti kursus menyetir mobil di Dubai

Daftar Kursus Menyetir mobil di Dubai / UAE
Counter di dalam Carrefour di Motorcity

Ada beberapa orang yang kirim pesan ke saya, menanyakan tempat kursus mengemudi mana yang terbaik di Dubai. Terus terang, saya tidak bisa memberi tahu mana yang terbaik, karena saya hanya mengikuti kursus di satu lembaga kursus saja.

Soal biaya kursus, tentu saja berbeda-beda jumlahnya di setiap lembaga kursus. Namun pemilihan tempat kursus tidak hanya tergantung dari harga, tapi juga lokasi mana yang dekat dengan tempat tinggal anda, dan fasilitas apa yang di tawarkan.

Saya memilih Drive Dubai karena salah satu konternya berada di dekat tempat tinggal saya. Di dalam area Carrefour di Motorcity, terdapat konter Drive Dubai. Silakan anda datang ke sana untuk yang tinggal dekat daerah tersebut.

Sementara lokasi kursus saya, berada di Dubai Investment Park 2. Saya berangkat dan pulang dari kursus menggunakan mobil antar jemput dari tempat kursus.

Fasilitas di Tempat Kursus

Daftar Kursus Menyetir mobil di Dubai / UAE
Tempat tunggu yang nyaman

Fasilitas yang berada di tempat kursus tersebut sangat komplit. Ada 2 bangunan besar di dalam komplek Drive Dubai. Di salah satu gedung, terdapat ruang pendaftaran yang dipisah antara pria dan wanita, beserta ruang tunggu yang besar. Kamar kecil yang besar, ruangan test Theory, dan masih banyak lagi ruangan lainnya. Di gedung yang sama, terdapat juga kantor RTA, dimana kita akan mendapatkan SIM kita pada saat sudah lolos test RTA.

Gedung yang lainnya, merupakan ruangan para penguji di lantai dua dan di bawahnya adalah gudang workshop untuk merawat mobil-mobil yang dipakai latihan.

Di depan gedung terdapat lapangan terbuka yang sudah di design sebagai tempat latihan. Dibagi-bagi untuk tempat latihan motor, mobil, bus besar, dan forklift.

Terdapat juga satu bangunan di tengah-tengah tempat latihan dimana para instruktur berkumpul dan mobil-mobil latihan terparkir di depannya. Mobil untuk ujian berbeda dengan yang dipakai latihan. Di dekatnya terdapat tenda tempat menunggu mobil untuk antar jemput. Sementara kantin berada di belakang gedung penguji.

Mobil untuk latihan dibedakan dengan mobil untuk ujian. Berikut adalah mobil yang dipakai untuk RTA final Test.

Daftar Kursus Menyetir mobil di Dubai / UAE
Mobil yang dipakai untuk ujian

Nah itulah sedikit lagi tambahan info dari saya, yang sengaja saya tuliskan sekrang, karena takut kelupaan kalau sudah terlalu lama. Mudah- mudahan bisa menambah info, khususnya bagi yang sedang mencari tempat kursus mengemudi di Dubai.

Oh yeah, kalau tidak salah ingat, pada saat saya mengikuti kursus, ada sekitar 300an peserta kursus lainnya dalam bulan yang sama. Jadi selalu ramai di mobil antar jemput. Dan rasanya seperti pada jaman sekolah SMP atau SMA dulu. Pokoknya menjadi suatu pengalaman yang berharga.

Oke guys, semoga yang mau urus SIM Dubai, mudah prosesnya dan cepat lulusnya ya. Supaya bisa mengemudi sendiri di Dubai dan daerah UAE lainnya.

Sukses!

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

Leave a Reply