Belajar Bahasa Arab di Dubai

LIVE IN DUBAI

Mengapa perlu belajar Bahasa Arab di Dubai?

Sebagai orang Indonesia yang tinggal di Dubai, saya tidak mengerti bahasa Arab, cuma bisa pakai bahasa Inggris. Memang dimana-mana saya pergi, saya tidak mengalami kesulitan karena semua pekerja di fasilitas umum hampir semuanya bisa menggunakan Bahasa Inggris.  Jadi belum mengalami kendala karena saya tidak bisa berbahasa Arab.

Namun karena bahasa asli penduduk Dubai adalah bahasa Arab, maka rasanya perlu untuk belajar bahasa Arab di Dubai. Selain bahasa Inggris dan tentu saja bahasa Arab, bahasa yang paling sering dipakai adalah bahasa India dan Philipina. Karena di Dubai banyak sekali pendatang dari India dan Philipina. Pendatang India kebanyakan bekerja di industri atau pekerjaan konstruksi. Sementara pendatang dari Philipina lebih banyak bekerja di bagian pelayanan publik.

Contohnya ketika saya pergi mengikuti tes kesehatan sebagai proses untuk mendapatkan visa Dubai saya. Di tempat medical test tersebut, kebanyakan staff dan tenaga medisnya adalah orang Philipina, sedikit orang India dan beberapa saja orang Dubai itu sendiri. Sebulan di Dubai, saya belum sekalipun ketemu orang Indonesia di tempat pelayanan publik. Alasan utama kenapa banyak sekali orang Philipina bekerja di Dubai, adalah faktor kemampuan berbahasa Inggris mereka yang jauh lebih baik dari pada orang Indonesia atau dari negara-negara Asia lainnya.

Lain halnya dengan pekerja di bidang maritime, atau contohnya crew kapal dan pekerja di pelabuhan dan tongkang-tongkang yang bekerja membangun pelabuhan atau reklamasi di pinggir pantai. Pekerja dari India lebih banyak di pakai, karena lebih murah dibandingkan dengan crew dari Indonesia atau Philipina.

Dubai yang sedang gila-gilanya membangun kotanya, membutuhkan tenaga kerja dari luar. Mempertimbangkan besaran gaji, sudah pasti tenaga kerja dari benua Asia masih menjadi dominan. Standard gaji tenaga kerja dari negara Asia, tentu saja lebih murah dari pada dari Eropa, Amerika, Australia dan lain lainnya.

Dimana Bisa Belajar Bahasa Arab di Dubai?

  1. Cek informasi di komunitas dimana kita tinggal. Kadang ada juga yang tempat belajar Bahasa Arab yang berada di lokasi tempat tinggal kita. Mungkin juga ada freelance pengajar kursus bahasa Arab di sekitar tempat tinggal kita.
  2. Mencari info di lembar-lembar infomasi di fasilitas umum. Contohnya kalau kita jalan-jalan ke supermarket atau mall atau area publik, kita sering melihat di papan pengumuman tertempel informasi kursus bahasa Arab. Jalan- jalan saja ke carrefour atau minimarket terdekat. Biasanya di dekat kasir ada papan info, nah bisa cek-cek di situ.
  3. Cek online. Tanya ke mbah google, belajar bahasa arab di Dubai atau Kursus Bahasa Arab di Dubai. Pasti ketemu banyak info dan website yang bisa kita buka-buka dan banding-bandingkan sebelum memutuskan tempat kursus yang sesuai dengan keinginan kita.
  4. Tanya ke teman-teman atau keluarga di Dubai. Mungkin ada yang bisa kasih rekomendasi.
  5. Tanya ke group orang Indonesia yang ada di Dubai. Misalnya group facebook Indo-Dubai atau Group Sahabat Dubai. Pasti ada member yang bisa kasih info atau advice tempat kursus.

Berapa Harga Kursus Belajar Bahasa Arab di Dubai?

Saya juga baru mau mencari tempat kursus. Jadi saya akan update setelah saya sudah dapat infonya ya.

Nah, tunggu update selanjutnya ya.

Salam

 

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
A Naval Architect by profession, I have spent 18 years as a professional working on Offshore, Marine and shipbuilding projects at several international companies, working in various countries. Currently starting to slowly withdraw from managing my projects and shifting to my other passions like social works, health care and nature.
I also have interest in natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design, sewing and craft ideas.

Recently started to build up my website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, my hometown culture and stories about my life in Dubai. My youtube: Yosinta Paruruk

To know more about my recent activities and ideas, please visit my website: www.yosintaparuruk.com

and my hobby on sewing website:
https://jahittanpapola.com/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

Instagram: Yosinta Paruruk
Twitter: Yosinta Paruruk

---------

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply