Banana Cake, Stay Home Challenge No.8

LIVE IN DUBAI
Banana Cake, Stay Home Challenge No.8
My first ever Banana Cake

Awal cerita tentang banana cake…Saya punya seorang teman yang saya akui sangat mahir urusan di dapur. Setiap hari beliau akan memasak beberapa macam jenis makanan dan kue-kue, dan selalu mempostingnya di media sosial beliau. Saya pasti selalu mampir di status-statusnya, karena selalu tergoda melihat photo-photo makanan yang di posting.

Tiga hari lalu, saya lihat foto banana cake yang cantik dan lezat kelihatannya. Dan kebetulan di tray buah saya, ada beberapa buah pisang yang sudah matang. Maka saya lalu minta beliau untuk inbox resep dan cara membuat banana cake. Tentu saja beliau dengan murah hati mengirimkan saya resepnya.

Jadi kalau bunda-bunda ingin cari inspirasi memasak atau membuat kue, silakan rajin-rajin mengintip postingan FB ibu Hilda Lamid. Pasti sepakat dengan saya, kalau postingan beliau akan bikin ngiler setiap hari. Oh yah, saya endorse beliau secara gratis ya hahahaha … Tapi mudah-mudahan suatu saat nanti beliau punya sosial media khusus masak-memasak dan bikin kue, yang dimonetize, sehingga saya akan bisa minta bayaran ke beliau hahaha Amien.

Resep Banana Cake

Banana Cake, Stay Home Challenge No.8
Bahan-Bahan yang digunakan

Jadi menurut resep yang dikasih, berikut daftar bahan untuk membuat banana cake. Saya memakai bahan yang ada saja di rumah, karena tidak mungkin membeli bahan baru di saat sekarang ini.

  1. 200 gr pisang masak
  2. 200 gr tepung terigu protein sedang, saya pakai Spinney All Purpose Flour
  3. 4 butir telur ayam
  4. 150 gr margarine cair, saya pakai Lurpark block
  5. 100 gr gula pasir
  6. 80 gr gula merah, saya pakai dark cane sugar
  7. 1/2 sdt SP, tapi saya tidak punya SP jadi saya pakai 1/3 sdt Baking Soda dan 1/3 sdt Backing Powder
  8. 1/2 sdt vanilla cair
  9. Topping pisang di iris tipis-tipis (ini saya lupa memakainya)

Cara Membuat Banana Cake

Cara membuat Banana Cake

Berikut ini cara membuat Banana Cake.

  • Lumatkan pisang dengan sendok tidak perlu sampai halus sekali.
  • Siapkan wadah dan masukkan telur, baking soda, baking powder, vanilla, lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental dan berjejak
  • Masukkan ke dalam wadah tersebut, pisang sedikit demi sedikit sampai terus dimixer dengan kecepatan rendah. Saya pakai kecepatan 1 saja.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah juga.
  • Lalu masukkan margarine cair, mixer sebentar sekali, lalu matikan mixer dan pakai spatula untuk mencampurnya sedikit lagi, dengan mengangkat bagian bawah ke atas agar tidak ada margarine yang tinggal terpisah di bagian bawah wadah.
  • Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi mentega terlebih dahulu. Lalu hentak-hentakkan adonannya agar gelembung yang dibawah adonan akan naik ke atas.
  • Selanjutnya masukkan ke oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Set temperaturnya ke 170 derajat Celcius dan timernya 45 menit.
  • Setelah timer berbunyi keluarkan loyang dari oven, dan keluarkan kuenya dari loyangnya untuk mendinginkannya

Berikut penampakan banana cake saya, my first ever banana cake.

Banana Cake, Stay Home Challenge No.8
Penampakan cantik Banana Cake saya menggoda dengan cita rasa maknyus

So Happy with my first Banana Cake

Ternyata bisa juga saya membuat kue, walaupun sempat kuatir dan beberapa kali berjongkok di depan oven untuk mengintip apakah adonannya mengembang naik. Dan oh lega rasanya waktu saya lihat permukaannya mulai naik. Cuma saya baru sadar kalau saya meletakkan loyangnya agak dekat dengan pintu oven, mestinya masuk sedikit ke tengah-tengah agar merata panasnya. Tapi saya terlalu takut untuk membuka kembali tutup ovennya, karena takut tidak jadi mengembang.

Dan saya lupa menaruh potongan pisang sebagai pemanis di atasnya, padahal sudah berencana untuk kasih potongan pisang dan sedikit taburan kacang mete. Kali berikutnya saya akan improvisasi lagi.

Sebenarnya akan lebih bagus kalau lebih mengembang lagi. Tapi saya tidak tahu apakah memang sudah seperti itu tidak terlalu tinggi mengembang, atau saya ada salah cara membuatnya. Tapi soal rasa, jangan ditanya. Rasanya enak sekali seperti kue yang dibeli di toko kue. Tidak terlalu manis, mengikuti anjuran Hilda untuk tidak terlalu banyak pakai gula.

Next time yang perlu saya perhatikan waktu membuat kue lagi, yaitu memastikan sekali lagi bahwa ovennya sudah panas sesuai temperatur yang diinginkan sebelum memasukkan loyang kuenya ke dalam oven. Juga mesti ingat untuk meletakkan loyang di tengah-tengah oven, dan baking soda sama baking powernya saya akan campur dulu dengan terigunya. Mudah-mudahan hasilnya akan lebih naik mengembang lagi. Tapi saya sudah puas kok dengan hasil pertama ini.

Keep Inspiring Others With Your Talent and Creativity

Makan tiga potong saja sudah kenyang sekali

Thanks Hilda untuk postingan hasil goyang-goyangnya di dapur, yang menginspirasi saya untuk belajar masak dan membuat kue juga. Keep inspiring other people with your talent and creativity ya 🙂

Dan akhirnya banana cake buatan saya pertama kalinya, menjadi santapan makan malam kami di malam harinya. Cukup makan tiga potong saja, saya sudah kekenyangan dan tidak perlu makan malam yang lainnya.

Happy baking, happy makan.

Stay at home

Together at home

NB : Kalau mau lihat cerita challange saya setiap hari selama masa karantina Corona-19, silakan clik di sini.

Latest posts by yosintaparuruk (see all)

Leave a Reply