8 Hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 Bahrain

LIFESTYLE, LIVE IN DUBAI, TRAVEL, Worldwide

8 Hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 Bahrain

Bagi pencinta balapan mobil Formula 1, mendapat kesempatan untuk menonton langsung di arena balapan, tentu saja merupakan suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Tetapi bisa juga menjadi pengalaman menegangkan apabila tidak dipersiapkan dengan baik. Karena arena balapan Formula 1 tidak ada di Indonesia, jadi mesti ke luar negeri kalau mau menonton langsung. Bepergian ke luar negeri sudah pasti membutuhkan persiapan matang. Oleh karena itu, saya coba membagikan 8 hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 Bahrain.

8 Hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 Bahrain

Di bawah ini saya akan membagikan pengalaman saya menonton langsung balapan Formula 1 Gulf Air Bahrain Grand Prix. Siapa tahu anda juga mendapat kesempatan untuk menonton balapan sesi berikutnya.

2019 Bahrain Grand Prix Formula 1

Balapan Formula 1 di Bahrain tahun 2019 berlangsung pada hari Minggu, tanggal 31 Maret 2019. Tapi 2 hari sebelumnya sudah dimulai dengan sesi latihan dan babak kualifikasi. Jadi sebenarnya ada 3 hari di mana kita bisa menonton jagoan kita di arena balapan.

Hari Jumat, 29 Maret 2019

  • Sesi Latihan 1 Formula 1
  • Sesi Formula 2
  • Sesi Latihan 2 Formula 1

Hari Sabtu, 30 Maret 2019 : Kualifikasi Formula 1

Hari Minggu, 31 Maret 2019 : Grand Prix Formula 1

Tiga hari berturut-turut arena balapan dipenuhi oleh para penonton yang datang dari berbagai belahan dunia. Tiket yang dijual termasuk akses untuk 3 hari tersebut.

Mari terlebih dahulu kita mengenal sedikit tentang Bahrain, supaya ada bayangan tentang Bahrain.

Bahrain itu di mana?

Bahrain adalah sebuah negara pulau di Teluk Persia, terdiri dari kepulauan kecil yang berpusat di sekitar Pulau Bahrain. Terletak di antara semenanjung Qatar dan pantai timur laut Arab Saudi. Bahrain dihubungkan dengan Arab Saudi oleh King Fahd Causeway sepanjang 25 kilometer. Luas Bahrain adalah 765,3 kilometer persegi (295,5 mil persegi), menjadikannya negara terkecil ketiga di Asia setelah Maladewa dan Singapura.

Kerajaan Bahrain merupakan negara yang menarik bagi keluarga expatriat. Negara ini menyediakan fasilitas pendidikan yang baik yang menawarkan kurikulum dari seluruh dunia. Bahrain juga memiliki layanan kesehatan berkualitas tinggi. Sehingga masyarakatnya sangat beragam, multi budaya, multi etnis dan multi denominasi.

Kerajaan ini juga merupakan negara kecil tujuan liburan yang menarik dengan pulau-pulaunya dan ibukota yang bergaya kosmopolitan. Ibukota Bahrain adalah Manama. Penduduknya memiliki gaya hidup liberal. Dan tentu saja negara Bahrain kaya akan sejarah dan budaya.

Bahasa apa yang di pakai di Bahrain?

Bahasa resmi negara Bahrain adalah Bahasa Arab. Namun anda tidak usah kuatir seandainya anda tidak bisa berbahasa Arab. Walaupun itu tentu saja sangat membantu. Tetapi dengan modal bahasa Inggris, anda bisa berkomunikasi, karena bahasa yang dipakai di layanan publik, mulai dari airport, hotel, transportasi, arena balap, toko-toko, restaurant adalah bahasa Inggris.

Apakah aman untuk jalan-jalan di Bahrain?

Menurut info yang kami dapat, tingkat kejahatan di Bahrain sangat rendah. Kejahatan dan kekerasan sangat jarang terjadi. Selama 5 hari berada di Bahrain, tepatnya di Manama, ibukota Bahrain, kami bisa merasakan suasana yang  sangat aman untuk bepergian / jalan- jalan melancong. Jadi anda tidak usah was-was. 

Bagaimana cara berpakaian di Bahrain. Apakah wanita diharuskan menutup seluruh badan?

Tentu saja tidak. Terutama untuk kaum wanita. Bahrain terkenal sangat terbuka dan toleran. Wanita-wanita Bahrain menggunakan pakaian tertutup dan cadar muka. Namun mereka juga bersosialisasi, berkumpul di kafe, club, dan restaurant setempat. Mereka berbaur dengan para ekspatriat. Yang menarik perhatian saya, yaitu wanita-wanita berbusana tertutup tersebut, kelihatan nyaman saja bergaul dengan wanita yang tidak menutup seluruh tubuhnya.

Jadi untuk para wanita yang ingin berkunjung ke Bahrain, tidak usah terlalu stress dengan pakaian yang akan di kenakan. Anda bebas mengunakan pakaian anda, tetapi sebaiknya tidak terlalu terbuka. Untuk jalan-jalan di keramaian, belanja atau melihat-lihat museum atau kegiatan sosial lainnya, gunakanlah pakaian yang nyaman dan sesuaikan dengan keadaan.

Dan karena anda mau pergi menonton balapan formula 1, maka pakaian yang cocok adalah yang sportif, dan sebaiknya memakai sepatu olahraga. Tinggalkan high heel di kamar anda, karena dari tempat parkir kendaraan menuju ke bagian dalam circuit, jaraknya cukup jauh. Jadi supaya kakinya tidak lecet, sebaiknya pakai sepatu hak datar saja.

Bahrain International Circuit ( BIC )

Sport adalah kegiatan yang sangat popular di Bahrain. Bahkan ada banyak klub olahraga dan pusat kebugaran di Bahrain yang berstandard internasional. Salah satunya yaitu arena balapan Bahrain International Circuit ( BIC ). Bahrain merupakan negara Arab pertama sebagai tuan rumah dilangsungkannya balapan Formula 1, yang diadakan di BIC pada tahun 2004. Dan sekarang ini rutin diadakan setiap tahunnya.

BIC berada di daerah Sakhir, sekitar 30 menit sampai 45 menit naik mobil dari pusat kota Manama, lewat jalan tol. BIC Bahrain memiliki kapasitas penonton 70.000 orang, jadi bisa anda bayangkan bagaimana ramainya pada saat sedang berlangsung acara balapan Grand Prix Formula 1

 

Nah, berikut ini adalah 8 hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 di Bahrain, berdasarkan pengalaman saya.

1. Passport dan Visa

Siapkan passport anda, dan pastikan expiry datenya lebih dari 6 bulan. Apply visa dan pastikan anda sudah punya visa sebelum anda booking ticket pesawat, hotel dan ticket formula 1 itu sendiri. Cek berapa lama masa berlaku visanya, dan sesuaikan dengan tanggal pelaksanaan event balapan. Jangan sampai visa sudah keluar dan expire sebelum tanggal event balapan. Jadi jangan juga apply visa terlalu dini.

Apabila anda sedang tinggal sementara waktu dan memiliki resident permit di salah satu negara yang termasuk anggota CCG, maka anda bisa menggunakan Visa on Arrival. Tapi ingat Visa on Arrival itu hanya berlaku apabila resident permit anda sudah lebih dari 3 bulan. Apabila kurang dari 3 bulan, maka anda harus apply visa anda secara online (e-visa).

2. Ticket Formula 1

Beli tiket masuk arena Formula 1 lewat situs resmi penyelengara Formula 1. Kalau anda sudah tahu persis tanggal pelaksanaanya, dan tidak masalah untuk mendapatkan visa, maka sebaiknya booking segera ticketnya. Tiket termasuk akses 3 hari full untuk menonton sesi latihan, babak qualifikasi dan final grand prix. Jadi sebaiknya rencanakan untuk menghadiri ke-3 sesi tersebut, supaya tidak sia-sia pergi jauh-jauh ke Bahrain.

8 Hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 Bahrain

3. Flight Ticket

Setelah dapat visa dan tiket formula 1, sebaiknya segera booking ticket pesawatnya, supaya bisa dapat harga yang lebih murah. Gulf Air adalah sponsor resmi Formula 1 Bahrain, maka ada baiknya booking tiket pesawat Gulf Air. Karena dengan memperlihatkan tiket Formula 1 anda, anda akan mendapat bantuan dari Gulf Air, seandainya ada masalah dengan keberangkatan atau dengan visa anda.

Pengalaman saya mulanya booking Catay Air, tetapi resident permit Dubai saya kurang dari 3 bulan umurnya, dan Catay agak ragu dengan pihak imigrasi Bahrain. Sehingga Catay menyarankan saya untuk pakai Gulf Air. Dan benar saja, Gulf Air memperbolehkan berangkat dengan Visa on Arrival, karena saya punya ticket Formula 1.

4. Hotel Booking

BIC berada tidak begitu jauh dari ibukota Bahrain yaitu Manama. Jadi saya sarankan untuk pilih hotel di daerah Manama. Sehingga sebelum dan sesudah menonton sesi latihan, qualifikasi dan grand prix, and bisa juga jalan-jalan di ibukota negara tersebut. Ada banyak turist destination yang dekat dengan kota Manama, yang bisa dikunjungi di sela-sela sesi balapan.

8 Hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 Bahrain

5. Car Rental

Apabila anda memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional, dan anda bisa mengemudi di jalur kanan, maka sewa mobil bisa anda pertimbangkan. Dengan menyewa mobil, anda bisa ke mana saja sesuai waktu anda. Apalagi BIC berada di luar kota dan tidak ada jalur kendaraan umum yang dekat ke arena. Kalau mau pakai taxi, harganya pasti mahal untuk 3 hari bolak-balik ke arena, dan juga untuk keliling-keliling.

Tapi pastikan anda bisa mengemudi dengan setir sebelah kiri, dan jalur kendaraan sebelah kanan. Kebalikan dengan Indonesia. Di Indonesia kemudi berada di sebelah kanan dan jalur lalulintas sebelah kiri. Kalau anda tidak terbiasa, maka apa boleh buat, sebaiknya anda menggunakan public transport / taxi.

6. Parking Ticket

Dapatkan schedule komplit acara di arena selama 3 hari. Pada hari pertama, usahakan datang lebih awal ke arena. Sebelum masuk arena, silakan mampir di konter penjualan tiket yang berjarak sekitar 2 kilo sebelum area parkiran. Mampir ke konter dan beli parking tiket. Pada saat pembelian tiket dengan cara online, kita tidak akan mendapatkan parking ticket. Tapi untuk masuk ke area parkiran, kita mesti memperlihatkan parking ticketnya. Harga parking ticket adalah 10 BD untuk 3 hari parking. Simpan parking tiketnya jangan sampai hilang dan harus membeli baru lagi.

Setelah mendapatkan parking ticket, masuklah ke area parkir sesuai dengan yang tertulis di ticketnya. Kemudian masuk ke arena circuit dan cari tempat duduk anda sesuai dengan tiket Formula 1 yang sudah anda beli. Area parkirnya sangat luas dan bisa jadi anda mesti berjalan kaki cukup jauh untuk sampai ke arena. Arenanya sendiri juga sangat luas, jadi pastikan datang agak awal dan cari lokasi tempat duduk anda. Agar jangan sampai terlambat menyaksikan perlombaannya.

7. Kacamata dan teropong

Area podium tempat duduk berada di luar arena, dibatasi dengan pagar berjala-jala, untuk keamanan penonton. Jarak tempat duduk ke lintasan balapan tergantung dari posisi tempat duduk yang di booking. Yang jelas, bagi pengguna kacamata rabun jauh, pastikan membawa kaca mata anda.

Di beberapa titik tertentu, terdapat layar raksasa yang menampilkan live jalannya perlombaan. Di layar juga ditampilkan urutan siapa yang paling terdepan yang selalu diupdate setiap saat. Kalau posisi layar kebetulan agak jauh dari posisi tempat duduk kita, maka diperlukan kaca mata rabun jauh atau bawa teropong bila anda memiliki teropong,  untuk bisa membaca tulisan di layar. Sehingga kita juga bisa update situasi setiap saat.

8. Jacket

Untuk sesi latihan dan babak qualifikasi, pelaksanaannya agak sore. Di akhir bulan Maret, cuaca Bahrain termasuk panas di siang hari dan matahari bersinar terik hingga sore hari. Sehingga sun glasses pun sebaiknya di bawah selalu.

Akan tetapi menjelang malam, angin termasuk kencang dan dingin. Apalagi posisi kita duduk terbuka, maka akan terasa sekali angin kencang. Maka jangan pernah lupa membawa jacket atau sweater, dan sebaiknya memakai celana panjang. Agar anda tidak terganggu karena kedinginan.

Nah, begitulah kira-kira 8 hal dasar yang mesti disiapkan untuk menonton balapan Formula 1 di Bahrain. Mudah-mudahan bisa jadi referensi bagi siapa pun yang berencana untuk pergi menonton langsung di Bahrain.

8 Hal yang mesti dipersiapkan untuk menonton balapan Formula 1 Bahrain

Ngomong-ngomong, saya mesti kasih tahu ya siapa pembalap idola saya 🙂

Max Verstappen, ya saya berada di team Redbull. Dan saya cukup puas melihat aksi dia, walaupun dia hanya berada di urutan ke-4.

Salam olahraga, salam sehat.

 

 

yosintaparuruk

Naval Architect, Blogger, Youtuber at yosintaparuruk.com
By profession as an naval architect, has spent 15 yearsprofessional works on offshore, marine and shipbuilding business at several international companies, working in some countries. Currentlystarting slowly refrain from managing her projects and shifting to her other passions on social works, health care and natural life.
Founder of Elite Spa & Salon Bali and Soapyme Organic who has interest for natural beauty treatment, natural herbal remedy, natural and organic product,hand made product, ecogreen policy, back to nature campaign, no animal testing product campaign, social works, up cycling and recycling, DIY, interior design,sewing and craft ideas.

Recently starting build up her website www.yosintaparuruk.com, which is focusing on Toraja Culture, her hometown culture. And her youtube: Yosinta Paruruk

To know more about her recent activities and ideas, please visit her
website : www.yosintaparuruk.com

blogs :
http://elitespabali.blogspot.co.id/

http://soapymeorganics.blogspot.co.id/

https://www.facebook.com/elitespasalonbali/?pnref=lhc

https://www.facebook.com/soapymeorganic/?ref=bookmarks

---------

Leave a Reply